Alami Gangguan Kecemasan, Olla Ramlan ke Psikiater dan Minum Obat

Olla Ramlan, presenter dan pengusaha. Foto: Instagram/@ollaramlanaufar

kesehatan

Alami Gangguan Kecemasan, Olla Ramlan ke Psikiater dan Minum Obat

Kamis, 8 Juli 2021 10:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Presenter Olla Ramlan mengaku alami gangguan kecemasan atau anxiety problem sejak kakaknya, Ichwan Ramlan atau akrab disapa Iwan, meninggal pada 24 Maret 2015. Ia mengungkapkan hal itu saat menjadi bintang tamu di vlog presenter Melaney Ricardo.

"Plus sejak mas Iwan meninggal, aku punya anxiety problem. Aku kecemasan berlebihan, tangan aku dingin," katanya dikutip dari kanal YouTube Melaney Ricardo, Rabu, 7 Juli 2021.

Olla mengutarakan bahwa ia sangat dekat dengan kakak laki-laki satu-satunya itu. Dengan saling menatap mata, kakaknya sudah mengetahui apa yang sedang dirasakannya, begitu pula dengan ayahnya yang wafat pada 4 Juni 2018. Kepergian kedua laki-laki itu menjadi kehilangan terbesar dalam hidupnya. 

"Aku kangen sosok laki-laki (seperti) abah, kakakku," ucapnya sambil menahan tangis.

Selain tangan dingin, Olla mengungkapkan jantungnya berdetak lebih cepat dan keringat berlebih saat alami gangguan kecemasan. Untuk mengatasi hal itu, Olla berkonsultasi dengan psikiater dan sempat mengonsumsi obat-obatan. "Aku sampai ke psikiater. Ya, sometimes (aku minum obat). Tapi sekarang sudah (tidak mengonsumsi)," tutur ibu tiga anak ini.

Ia juga mengaku e-sport juga menjadi salah satu caranya mengatasi gangguan kecemasan. Sebab kegiatan itu menjadi distraksi positif karena membuatnya bahagia.

"Alhamdulillah, kan aku punya e-sport. Itu kan main game, itu distraction buat aku. Aku jadi maen seru, di situ kita ngobrol, bercanda, seru-seruan. Itu lumayan membuat aku enggak mikirin," tukas perempuan 41 tahun ini.

Baca juga: Olla Ramlan Cerita Tolak Pekerjaan yang Memintanya Lepas Jilbab: Itu Cobaan

Selain gangguan kecemasan, Olla juga mengaku Obsessive Compulsive Disorder (OCD), segala sesuatu harus tertata rapi dan berjalan sesuai aturannya.

"Trus aku OCD, aku on time. Enggak bisa aku telat-telat gitu. Orang lihatnya aku tegas, padahal aku gak nyaman. Makanya setiap kali mau syuting, aku selalu nanya, (misal) mulai jam 10. Ale manajerku aku pasti nanya, 'bener jam 10 gak? Kalau udah jam 10, tahunya mulai jam 11, Olla pulang loh' kata Ale," jelasnya.

Saat di rumah, Olla Ramlan juga memastikan susunan botol minuman di kulkasnya menghadap ke depan sesuai keinginannya. "Aku enggak nyaman kalau minuman enggak hadap depan," ungkapnya.