Sering Rapat dengan Orang Penting, Putri Tanjung: Jadi Apa Makna Kekuasaan?

Putri Tanjung mengenyam pendidikan S1 di Academy of Art San Fransisco dengan mengambil Multimedia Communication. Ia juga pernah menjalani kuliah jurusankomunikasi multimedia secara online sebelum menimba pendidikan di negeri Paman Sam tersebut. Instagram/@putri_tanjung

profil

Sering Rapat dengan Orang Penting, Putri Tanjung: Jadi Apa Makna Kekuasaan?

Kamis, 1 Juli 2021 19:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung menceritakan salah satu pikirannya yang mengganjal. Putri Tanjung mengatakan akhir-akhir ini, ia bekerja dengan orang-orang penting. Para teman diskusi Putri Tanjung adalah orang-orang yang memiliki berbagai penghargaan serta jabatan dan gelar. "Hal ini membuatku berpikir tentang apa sebenarnya sebuah kekuasaan," katanya dalam bahasa Inggris pada 25 Juni 2021.

Dalam tulisannya, Putri Tanjung bertanya-tanya apakah sebenarnya kekuasaan hal yang sangat penting? Apakah kita memerlukan seorang pemimpin yang besar?

Selain dari apa yang orang katakan soal kekuasaan yang nyata, Putri Tanjung berpikir sebenarnya kekuasaan bisa dimiliki semua orang. "Setiap orang bisa menjadi orang yang penuh kekuasaan," katanya.

Menurutnya, kekuatan atau kekuasaan seseorang tidak diberikan, tapi diperoleh. "Jadi mulailah dengan diri Anda sendiri," katanya.

Penting untuk memiliki energi dan rasa percaya diri penuh atas diri sendiri. Ia pun menyarankan agar setiap orang belajar untuk mengenal diri dengan lebih baik. "(Ketahui) Apa yang Anda kuasai?" katanya.

Putri Tanjung yakin, bila seseorang mengenal dirinya sendiri, Anda justru akan semakin kuat. "Bicaralah soal nilai-nilai yang Anda yakini dan bertindaklah sesuai dengan nilai itu untuk meningkatkan kekuatan Anda yang sebenarnya," kata Putri.

Saran berikutnya versi Putri Tanjung adalah memiliki pengaruh. Orang yang memiliki kekuatan adalah orang yang lebih banyak memberikan dukungan kepada sesama dibanding mendapatkan dukungan. "Ulurkan lah tanganmu, karena bagiku, memberikan pelayanan adalah bentuk kepemimpinan tertinggi," katanya.

Terakhir, Putri Tanjung menyarankan netizen untuk memberikan dampak. Fokuslah pada pekerjaan Anda. "Selesaikan masalah, dan jadilah solusi bagi orang lain," katanya.

Baginya, hal yang paling penting adalah bisa memberikan dampak dan menjalani kehidupan yang bermakna. Putri pengusaha Chairul Tanjung ini menambahkan bahwa kekuatan sejati adalah orang-orang yang bisa jujur pada diri sendiri, tetap membumi dan tidak pernah berhenti belajar. "Semakin tinggi pengetahuan kita, semakin dekat kita dengan matahari," kata Putri Tanjung.

Baca: Gaya Putri Tanjung Dampingi Jokowi, Pakai Warna Sepatu yang Sama