Sempat Minder dan Diremehkan, Begini Cara Tatjana Saphira Tampil Percaya Diri

Tatjana Saphira. Instagram/@tatjanasaphira

profil

Sempat Minder dan Diremehkan, Begini Cara Tatjana Saphira Tampil Percaya Diri

Selasa, 29 Juni 2021 14:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Model dan aktris Tatjana Saphira pertama kali terjun ke dunia hiburan saat berusia dua tahun. Kala itu, ia membintangi iklan produk bayi untuk tayangan televisi. Keluarga, terutama ibundanya, Ade Hartmaan, mendukung ia untuk terus mengembangkan bakatnya di dunia hiburan.

"Akhirnya dari modeling, ikut casting, dan pada saat main film itu juga masih sedikit ragu, ya. Karena saya belum yakin apakah saya sesuai untuk itu, apakah saya punya bakat di sana," ungkapnya saat diwawancarai Harper's Bazaar Indonesia yang diunggah di kanal Youtube Harper's Bazaar Indonesia, Selasa, 29 Juni 2021

Selain itu, Tatjana juga berjuang melawan rasa minder hingga diremehkan orang lain. "Banyak struggle yang dilewati, sering banget diremehin sama orang, pernah juga ngerasain ketemu sama orang dan ngerasain jadi minder, gak pede (percaya diri), takut," tukas mantan pacar Herjunot Ali ini.

Untuk mengatasi hal itu, Tatjana mengaku perlahan-lahan semakin mencintai apa yang ditekuninya di dunia hiburan. Ia menganggap minder dan diremehkan itu sebagai tantangan dan pelajaran yang harus diatasinya setiap hari.

"Pelajaran juga challenge untuk aku bisa keluar dari zona nyaman aku. Dan menjadi versi dari diriku yang lebih baik lagi setiap harinya," tutur perempuan 24 tahun ini.

Tatjana juga membagikan lima cara andalannya menciptakan kedamaian dan ketenangan dalam dirinya. Hal pertama yang ia sebutkan adalah menyendiri sejenak di mana pun ia berada, di rumah atau saat di tengah kerumunan.

Baca juga: Tatjana Saphira Berbagi Tips Merawat Kulit agar Sehat dan Segar

Ia lalu mengungkapkan pentingnya berolahraga. "Kalau lagi resah, banyak pikiran, bergerak itu menjadi suatu hal yang membuat perasaan aku jadi jauh lebih enteng, lebih enak, karena olahraga itu juga menimbulkan endorfin dalam tubuh kita. Setelah olahraga, saya biasanya merasa damai, merasa segar, dan pikiran jernih," katanya.

Selain menyendiri dan olahraga, Tatjana juga rutin menulis jurnal harian untuk menciptakan kedamaian dalam dirinya. "Jadi, kadang penting banget buat aku menyisihkan waktu, paling enggak 10-15 menit untuk duduk sendiri, untuk memproses segala hal yang aku pikirkan, dan coba aku tuangkan ke dalam tulisan. Karena dari situ, aku bisa dapat perspektif yang baru dari masalah yang dihadapi," imbuhnya.

Dari menulis jurnal, Tatjana bisa menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam mengatasi persoalan, bahkan menemukan solusinya.

Tatjana juga menyebutkan memasak masuk dalam daftar cara menciptakan kedamaian dalam hidupnya. Terlebih di masa pandemi ini, ia mengaku jadi lebih rajin memasak karena banyak beraktivitas di rumah.

"Aku sangat menikmati prosesnya dari aku riset resepnya, trus aku belanja, aku persiapkan semua bahan-bahannya, dan ikutin step-stepnya sampai bener-bener jadi. Kayak buat aku itu membuat aku mindfull, pikiran aku hanya tertuju dengan memasak, dan pikiran aku gak kebagi ke mana-mana. Itu sangat damai dan rileks," tukas pemeran Mia di film I Am Hope ini.

Tatjana juga menguraikan bahwa ia menemukan kedamaian lewat teknik pernapasan. Ia baru belajar teknik bernapas di masa pandemi ini. "Kadang kita suka lupa dan gak aware, padahal napas itu punya peran yang sangat kuat terhadap kesehatan mental. Untuk mendapatkan kedamaian, jadi perhatikan cara bernapas," imbau Tatjana Saphira