Tips Memerahkan Bibir dan Menjaganya Tetap Sehat

Ilustrasi bibir merah atau seksi. shutterstock.com

kecantikan

Tips Memerahkan Bibir dan Menjaganya Tetap Sehat

Senin, 28 Juni 2021 15:11 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Bibir berwarna merah muda seringkali dianggap sebagai tanda kecantikan ataupun kesehatan alami. Ini yang membuat banyak orang mencari tips memerahkan bibir. Padahal, tak ada bukti bahwa bibir yang berwarna merah muda lebih sehat daripada bibir gelap atau berwarna lainnya. Kecuali memang bibir Anda yang awalnya berwarna merah muda, berubah warna.

Warna bibir sejatinya bervariasi tergantung dari warna kulit seseorang. Orang dengan kulit lebih gelap cenderung memiliki bibir yang lebih gelap. Ini adalah kondisi normal yang terjadi karena peningkatan jumlah melanin di kulit.

Bibir seseorang juga bisa menjadi lebih gelap akibat hiperpigmentasi. Beberapa penyebabnya antara lain adalah kehamilan; merokok; paparan sinar matahari; obat-obatan, termasuk obat antimalaria dan antibiotik oral minocycline; serta kondisi medis, seperti penyakit Addison.

Bibir sehat adalah bibir yang bebas dari retak dan luka, terhidrasi, dan lembut. Meskpiun begitu, orang dengan bibir gelap bisa membuatnya tampak lebih merah muda dalam waktu sementara dengan menggunakan cara-cara tertentu. Berikut adalah tips memerahkan bibir yang bisa Anda coba.

1. Eksfoliasi bibir

Sebelum tidur di malam hari, oleskan lip balm berkualitas baik. Setelah bangun tidur, gunakan waslap basah atau sikat gigi untuk menggosok kulit mati atau kering dengan lembut. Ini juga akan meningkatkan sirkulasi ke area tersebut.

Anda juga bisa mencoba scrub bibir buatan sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti gula, madu, dan minyak almond.

Resep scrub bibir alami

Bahan: 2 sendok teh gula1 sendok teh madu1 sendok teh minyak almond

Cara membuat: Campur semua bahan dalam mangkuk kecil sampai berbentuk pasta. Oleskan ke bibir dengan ujung jari dan pijat dengan lembut untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang kering. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan gunakan lip balm.

2. Memakai lipbalm dengan SPF

Menerapkan tabir surya ke kulit dan bibir setiap hari adalah salah satu hal paling efektif yang dapat dilakukan seseorang untuk mencegah hiperpigmentasi, kerusakan akibat sinar matahari, dan penuaan. Ini juga mengurangi kemungkinan Anda menderita kanker kulit.

Untuk itu pakailah SPF di bibir, wajah, dan area terbuka lainnya saat pergi ke luar. Dikutip dari Medical News Today, American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan lip balm non-iritasi dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan titanium oksida atau seng oksida sebagai bahan aktif.

Ingat selalu untuk mengoleskan kembali lip balm dan tabir surya SPF setiap 2 jam saat berada di luar ruangan.

3. Berhenti merokok dan batasi paparan racun

Udara yang tercemar, asap, dan bahan kimia dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, membuat bibir terlihat gelap atau berkerut. Kebiasaan seperti merokok dapat memperburuk efek ini dan membuat warna bibir Anda tampak pudar.

Merokok dapat menodai bibir, serta bagian tubuh lain yang bersentuhan dengan tembakau, seperti tangan. Nikotin dalam bentuk apa pun juga mengurangi aliran darah di kulit, yang dapat mengurangi warna bibir dan mempercepat penuaan kulit.

Anda bisa menghindari rokok dan asap rokok untuk meningkatkan penampilan bibir Anda. Mengenakan syal untuk menutupi bibir juga dapat melindunginya dari paparan berlebih.

4. Jaga bibir tetap terhidrasi

Salah satu penyebab paling umum dari kulit kering adalah kurang minum air. Untuk itu, minumlah delapan gelas air sehari agar tubuh Anda tetap terhidrasi dan bibir Anda tampak lebih sehat.

Selain minum air putih yang cukup, Anda bisa menggunakan lip balm non-iritasi yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter, minyak biji rami, atau petrolatum. Hindari pula menjilati, menggigit, atau mengelupas bibir.

Yang perlu Anda ketahui, menjilat bibir kering bisa terasa seperti membantu mengatasi kekeringan, tetapi sebenarnya membuat kekeringan semakin parah. Demikian pula, kebiasaan lain seperti menggigit atau mengorek kulit di bibir dapat menyebabkan kekeringan, iritasi, dan pendarahan.

Cobalah untuk menghindari kebiasaan ini dengan menggantinya dengan sesuatu yang lain. Alih-alih menjilati bibir, oleskan pelembab bibir secara teratur.

5. Diskusikan obat dengan dokter

Jika seseorang berpikir obat dapat berkontribusi pada bibir yang lebih gelap, mereka harus mendiskusikannya dengan dokter mereka. Terkadang, efeknya bersifat sementara dan warna bibir mereka akan kembali normal setelah mereka menyelesaikan perawatannya. Dalam kasus lain, mungkin ada obat alternatif yang bisa dicoba seseorang.

Baca juga: 6 Kondisi Bibir yang Menandakan Kesehatan Anda Bermasalah

Itu tadi 5 tips memerahkan bibir dan menjaganya tetap sehat. Orang bisa mendapatkan bibir merah muda secara alami dengan menggunakan perawatan sederhana. Namun, efeknya akan bersifat sementara. Banyak perawatan di rumah yang membuat bibir lebih merah muda bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke area tersebut, yang pada akhirnya akan kembali normal.

Baca juga: 4 Bahan Alami untuk Atasi Bibir Gelap, Salah Satunya Lemon

MEDICAL NEWS TODAY | HEALTHLINE