Bakal Rilis Album Solar Power, Lorde Suarakan Pentingnya Menjaga Lingkungan

Musisi Lorde tampil menghibur penonton di atas panggung Worthy Farm saat berlangsungnya Festival Glastonbury di Inggris, 23 Juni 2017. Glastonbury merupakan festival seni kontemporer terbesar di dunia yang sudah digelar sejak 1970, dan dihadiri oleh ratusan ribu penonton untuk menyaksikan festival musik yang dihibur oleh musisi-musisi dunia. REUTERS

ragam

Bakal Rilis Album Solar Power, Lorde Suarakan Pentingnya Menjaga Lingkungan

Kamis, 24 Juni 2021 18:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Lorde bakal merilis album ketiganya yang bertajuk Solar Power. Album yang mengisahkan tentang alam dan bumi itu dirilis pada 20 Agustus 2021 mendatang.

Album ini merayakan alam di berbagai belahan dunia. Merupakan bentuk keabadian yang mendalam, menggambarkan perasaan transenden yang aku rasakan ketika bersentuhan dengan alam,” kata Lorde menjelaskan album terbarunya seperti dilansir dari Billboard, Selasa, 22 Juni 2021.

"Saat sakit hati, kesedihan, cinta yang mendalam, atau kebingungan, saya melihat ke alam untuk mencari jawaban. Saya telah belajar untuk bernapas, dan mendengarkan. Inilah yang terjadi." 

Selaras dengan tema albumnya, penyanyi yang bermukim di Selandia Baru ini memilih CD alternatif yang ramah lingkungan bernama music box. CD itu nantinya dirancang meninggalkan sedikit sekali residu karbon. Seluruh proyek terinspirasi dengan pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan dunia, jadi tidak masuk akal baginya untuk merilis musik dengan cara yang bertentangan dengan temanya.

Sebagai gantinya, Lorde akan memberi penggemar opsi untuk membeli music box jika mereka menginginkan sesuatu yang fisik, selain album yang bisa didengar secara digital.

Setiap music box akan berisi konten visual, pesan tulisan tangan, foto eksklusif, dan kartu yang bisa diunduh sehingga memudahkan pemilik album untuk mengakses dua buah track eksklusif dan kejutan menarik lainnya. Lorde juga akan menjual salinan rekaman dalam bentuk vinil.

"Saya memutuskan sejak awal dalam proses pembuatan album ini bahwa saya juga ingin membuat CD alternatif yang ramah lingkungan dan berpikiran maju," Lorde menjelaskan, seperti dikutip dari Harper's Bazaar, Senin, 21 Juni 2021.

"Saya ingin produk music box ini memiliki ukuran, bentuk, dan harga yang serupa dengan CD, agar bisa hidup berdampingan dengannya di lingkungan retail, tetapi menjadi sesuatu yang menonjol dan berkomitmen pada sifat album modern yang berkelanjutan."

Lorde merinci lebih lanjut tentang konsep music box di situs resminya. "Kali ini tidak ada CD. Saya tidak ingin membuat sesuatu yang akan berakhir di tempat pembuangan sampah dalam dua tahun, tetapi lebih dari itu, saya ingin untuk membuat sesuatu yang melambangkan komitmen saya untuk mengajukan pertanyaan tentang sistem kita saat ini, dan membuat hal-hal dengan niat dan kepekaan," ungkap perempuan 24 tahun ini.

Selain soal pilihan cd alternatif yang ramah lingkungan, inspirasi lagunya juga menarik dikulik. Sejumlah orang yang menyebut ada lagunya yang terinspirasi lagu Freedom 90 dan Loaded karya George Michael yang dinyanyikan Primal Scream, band rock asal Inggris.

Dalam sebuah wawancara tak lama setelah lagu itu dirilis, Lorde mengatakan Primal Scream telah memberikan restu untuk lagunya.

"Saya menghubungi Bobby [Gillespie, vokalis grup] dan ia sangat menyukainya - dia seperti, 'Hal-hal ini terjadi, Anda menangkap getaran yang kami tangkap bertahun-tahun yang lalu.' Dan dia memberi kami restu," ungkapnya seperti dikutip dari Variety.

Bersamaan dengan mengumumkan tanggal rilis untuk Solar Power, Lorde juga mengkonfirmasi bahwa ia akan memulai tur musiknya pada 2022 mendatang di berbagai belahan kawasan di daratan Eropa, dimulai dari Amerika Utara pada April 2022, tiket untuk tur musik yang juga bertajuk sama dengan albumnya itu akan mulai dijual pada 25 Juni 2022.

Baca juga: "California", Single Terbaru Rich Brian dalam Album Musik Head In The Clouds III

NATHASYA ESTRELLA | BILLBOARD | HARPER'S BAZAAR | VARIETY | BISNIS.COM