Krisdayanti Belajar Wushu Spesialis Kipas, Annisa Pohan: Keren Banget!

Krisdayanti saat latihan wushu. Instagram/@krisdayantilemos

kesehatan

Krisdayanti Belajar Wushu Spesialis Kipas, Annisa Pohan: Keren Banget!

Sabtu, 19 Juni 2021 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Krisdayanti membagikan unggahan saat dirinya tengah belajar wushu. Wushu merupakan olahraga bela diri asal Tiongkok yang menggabungkan berbagai teknik dan prinsip sehingga para pegiatnya tidak hanya terfokus pada cara menyerang dan bertahan, tapi juga tentang etika bertarung. Istri dari Raul Lemos ini mempelajari wushu taolu yang difokuskan pada jurus kipas.

Krisdayanti memanggil pelatih wushunya datang ke rumahnya. Ia menggunakan baju olahraga berwarna putih dan celana olahraga warna hitam. Selain itu, ia memilih berlatih di lapangan bulu tangkis yang terletak di sebelah kolam renang. Membagi tiga gerakan yang berbeda dalam tiga unggahan video. "Practicing Wushu Taolu, fokuskan jurus kipas," tulis Krisdayanti yang ditambahkan emoji baju Kung Fu.

Olahraga Wushu merupakan salah satu cabang yang memberikan cukup banyak medali di ajang olahraga internasional bagi Indonesia. Wushu Taolu yang dipelajari oleh Krisdayanti merupakan salah satu ilmu fokus wushu modern. Bentuk Taolu terdiri dari gerakan dasar (sikap, tendangan, pukulan, keseimbangan, lompatan, sapuan, dan lemparan) berdasarkan kategori gaya seni bela diri tradisional Tiongkok.

Berikut beberapa gerakan Wushu yang diperagakan oleh Krisdayanti.

Pertama, Chang Quan. Terdiri dari gaya yang berasal dari dan populer di wilayah geografis utara Tiongkok (utara Sungai Yangze), gaya ini ditentukan oleh serangan terbuka dan jarak jauh, dan berbagai macam teknik kaki dan gerakan melingkar. Changquan menggunakan postur terbuka dan diperluas, teknik kecepatan tinggi serta banyak teknik udara dan akrobatik. Ini adalah gaya yang cepat, dinamis, dan menarik, menggabungkan banyak gerakan yang menakjubkan.

Kedua, Nanquan. Terdiri dari gaya yang berasal dan populer di wilayah geografis selatan Cina (selatan Sungai Yangze). Nanquan dicirikan oleh kuda-kuda rendah dengan teknik kaki yang lebih sedikit dan fokus pada serangan lengan pendek dan kuat yang sering disertai dengan artikulasi vokal. Berfokus pada kuda-kuda yang kokoh dan stabilitas, Nanquan memiliki teknik akrobatik yang relatif lebih sedikit, tetapi lebih berkonsentrasi pada menghasilkan teknik yang sangat kuat dengan teknik tangan yang rumit dan sangat berkembang. Ini adalah gaya yang sengit dan kuat, praktisi yang mengekspresikan semangat yang kuat.

Ketiga, Taijiquan. Seni bela diri yang paling banyak dipraktikkan dan populer di dunia saat ini, taijiquan ditandai dengan gerakannya yang lambat dan anggun serta kombinasi teknik keras dan lunaknya. Taijiquan opuler karena fokus pada pembangunan kesehatan dan umur panjang dari praktiknya. Gerakan lambat Taijiquan kadang-kadang digabungkan dengan semburan kekuatan yang eksplosif, membutuhkan keselarasan gerakan dan napas yang lengkap, konsentrasi, dan koordinasi seluruh tubuh dan pikiran dalam latihan yang berkelanjutan.

Keempat, Taijijian. Taijijian menampilkan pedang lurus bermata dua yang digunakan dengan prinsip dan karakteristik gerakan Taijiquan. Taijijian didefinisikan dengan gerakan lambat, kadang-kadang ditambah dengan ledakan kekuatan yang, seperti taijiquan, membutuhkan keselarasan total antara gerakan dan napas, konsentrasi, dan koordinasi seluruh tubuh dan pikiran dalam latihan yang berkesinambungan.

Para selebriti pun memberikan apresiasi kepada Krisdayanti terhadap berbagai gerakan yang dia peragakan. Melalui akun instagramnya, @isdadahlia mengatakan gerakan Krisdayanti sudah mirip pemain film laga Jacky Chan. "Aowwwww dianaaaa udh kek jacky chan lohhh," kata Iis Dahlia.

Annisa Pohan pun kagum melihat gerakan Krisdayanti. "Keren banget," kata Annisa Pohan.

Bahkan penyanyi asal Malaysia Siti Nurhaliza pun membagikan tiga buah emotikon tepuk tangan bentuk apresiasi kepada Krisdayanti dalam kolom komentar.

NATHASYA ESTRELLA | IWUF | SHAOLIN-YUNTAI