5 Cara ARMY Menggilai BTS, Antre 20 Jam Hingga Galang Donasi

Gaya personel boy band Korea Selatan, BTS saat menjalani sesi pemotretan untuk lagu Butter di Seoul, Korea Selatan, 21 Mei 2021. REUTERS/Kim Hong-Ji

ragam

5 Cara ARMY Menggilai BTS, Antre 20 Jam Hingga Galang Donasi

Minggu, 13 Juni 2021 12:27 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak cara para ARMY (Adorable Representative MC for Youth), sebutan penggemar boy band BTS, menggilai idolanya. Hebohnya pembelian BTS Meal pada Rabu 9 Juni 2021 mungkin hanya sebagian saja yang terlihat masyarakat.

Padahal ada banyak perjuangan yang dilakukan para penggemar 7 pria tampan asal Korea Selatan ini. Koran Tempo edisi 13 Juni 2021 sempat mengisahkan beberapa pengalaman heboh para ARMY. Simak 5 di antaranya.

1. Antri belasan hingga 20 jam untuk belanja di Official Merchandise BT21Salah satu Army Elsa Amilio Ananto masih ingat pengalamannya mengantre dengan pakaian tebal di Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan, sejak pukul 04.00 subuh, Desember 2017. Bersama ratusan ARMY lain, ia berdiri selama 6 jam di depan toko demi mendapatkan tiket masuk toko spesial itu. Padahal, pintu toko baru akan terbuka pada pukul 3 sore.

Hari itu, manajemen BTS secara resmi meluncurkan official merchandise yang diberi nama BT21—beberapa barang berbentuk delapan karakter hasil kolaborasi BTS dan Line Friends. Elsa pun berencana membeli tujuh boneka dan gantungan kunci yang menjadi avatar personel BTS, yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

Pada 2018, pengalamannya lebih seru. Elsa bersama Army asal Prancis pernah ikut antrean untuk membeli merchandise konser BTS di Seoul, Agustus 2018. Ia rela mengantre selama 20 jam demi BTS. Saat itu, dia harus berdiam di satu titik mulai pukul 04.00 sore hingga pukul 10.00 pagi keesokan harinya hanya untuk dapat jatah pembelian ke dalam toko. Antrean panjang pun membuat dia baru bisa membeli 20 barang merchandise konser sekitar pukul 05.00 sore. “Konser dimulai pukul 06.00 sore, jadi saya ikut konser belum mandi dan belum pulang,” ujar Elsa, yang telah mengikuti 12 konser BTS di Singapura, Australia, Korea, dan Jepang tersebut.

2. Berburu BTS Meal atau Photocard BTS dari TokopediaKehebohan berburu BTS meal pada rabu 9 Juni memang menjadi sorotan. Salah satu ARMY yang membelinya adalah Linda Hairani. Ia punya strategi khusus agar kemasan paket BTS Meal tak rusak akibat terkena minyak makanan dan minuman. “Saya meminta teman pesan drive thru dengan membawa wadah plastik. Jadi, begitu paket diserahkan oleh pramusaji, teman saya meminggirkan mobil, kemudian dengan cepat memindahkan makanan dan minuman ke wadah lain,” kata Linda.

Linda pun berburu photocard BTS dari Tokopedia, salah satu perusahaan berlabel unicorn tersebut sempat meluncurkan hadiah 1.000 photocard anggota boyband pelantun lagu Dynamite tersebut kepada pengguna Tokopedia yang melakukan transaksi pembelian pada pukul 15.00-16.00 WIB, April-Mei lalu. “Tadinya tak ada kebutuhan beli. Tapi, karena ingin dapat kartunya, ya, akhirnya beli apa pun pada jam itu,” ujar Linda.

3. Rela Keluarkan Ratusan Juta Rupiah Beli Boks AlbumBTS secara resmi kerap mengeluarkan produk yang harganya ratusan hingga jutaan rupiah, seperti boks album. Mereka juga merilis paket barang yang diberi nama summer dan winter package.

BTS/Spotify

4. Menginisiasi penggalangan danaBTS ARMY Indonesia tidak hanya ahli mengoleksi barang ekslusif idolanya. Namun mereka pun bisa mengumpulkan dana untuk masyarakat luas. Salah satu contoh dilakukan ARMY bekerja sama dengan platform Kitabisa.com. Mereka berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 235 juta dalam kurun waktu dua hari, 9-10 Juni 2021. Dana tersebut kemudian disalurkan kepada sejumlah pengemudi ojek online yang dinilai berjasa memesan dan mengantarkan BTS Meal kepada para ARMY.

Pernah pula para penggemar BTS menginisiasi pengumpulan dana bagi sejumlah korban bencana alam di Indonesia, seperti gempa Palu, banjir di Kalimantan, dan keluarga yang terkena dampak Covid-19. Menurut dia, Army rutin menggalang dana selama satu bulan sebelum tanggal lahir setiap member BTS. “Bantuan kemudian disalurkan kepada korban atau sasaran bantuan dengan nama member yang berulang tahun,” kata Tiara Sutari ARMY lain.

5. Membuat Pameran Seni di Plaza IndonesiaMeski terbatas, kegiatan apresiasi kepada tokoh idola tersebut tetap berjalan hingga saat ini. Salah satunya adalah pameran seni atau art exhibition yang didedikasikan untuk BTS di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Acara ini digagas Ketua BTS Army Indonesia, Selly Wilson, yang menampilkan sejumlah hasil seni bertemakan personel boyband Korea tersebut mulai 11 Juni lalu. Pameran ini dibuat untuk merayakan Anniversary BTS dan juga Anniversary Army yg ke 8.

Exhibition ini akan berlangsung sampai dengan bulan Agustus. Kali ini BTS ARMY Indonesia berkolaborasi dengan Unicef Indonesia dalam program penanganan gizi buruk dengan memberikan bantuan Ready To Use Therapeutic Food (RUTF) kepada anak Indonesia yang mengalami malnutrisi. RUTF merupakan makanan pemulihan untuk balita sangat kurus (wasting) yang berupa makanan padat, bentuk pasta diperkaya dengan zat gizi berupa vitamin dan mineral. RUTF digunakan dalam program perawatan, baik rawat inap atau rawat jalan, dan untuk balita yang datang ke pusat pelayanan kesehatan.

Baca: Heboh BTS Meal, Bekas Kemasan Dijual hingga Ratusan Ribu Rupiah

FRANSISCO ROSARIANS | INSTAGRAM | KORAN TEMPO