Penderita Diabetes Disarankan Batasi Konsumsi Buah Berikut

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

kesehatan

Penderita Diabetes Disarankan Batasi Konsumsi Buah Berikut

Sabtu, 12 Juni 2021 10:50 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah bermanfaat memberikan nutrisi bagi tubuh yakni vitamin dan mineral yang penting. Namun terdapat beberapa jenis buah tertentu yang membuat kadar gula Anda dapat melonjak, tentunya ini menjadi perhatian khusus bagi penderita diabetes.

Dalam diabetes tipe dua, pankreas tidak mampu menghasilkan cukup insulin untuk kadar gula darah biasa, yakni jenis gula utama yang biasanya ditemukan di dalam tubuh. Sementara kadar gula darah yang cenderung tidak terkontrol dapat memiliki efek dalam merusak tubuh.

Oleh karena itu, butuh beberapa penanganan atau cara alternatif untuk memperbaiki kondisi Anda, terutama jika Anda menderita diabetes tipe dua. Dilansir dari Express, terdapat beberapa buah yang memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Indeks ini merupakan sistem penilaian yang melihat dari kandungan karbohidratnya dan seberapa cepat makanan tersebut dapat mempengaruhi kadar gula darah atau glukosa.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengonsumsi dalam buah yakni lebih baik jika dikonsumsi dalam porsi yang sedang. Hal itu untuk menghindari terlalu banyak karbohidrat yang Anda konsumsi melalui buah.

Selain itu, Anda sebaiknya menghindari atau membatasi buah-buahan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti semangka, labu, nanas, jus buah, dan buah kering.

Melihat dari informasi tersebut, maka bukan berarti kita seluruhnya tidak akan mengonsumsi buah. CuraLife menyatakan bahwa buah memiliki kandungan fruktosa yakni gula alami, vitamin, fitokimia, dan berbagai nutrisi lainnya yang dapat dikonsumsi sebagai camilan atau makanan penutup yang bermanfaat.

Baca juga: Penyandang Diabetes Perlu Ikuti Khusus, Hindari atau Batasi Makanan Ini

Dokter umum dan spesialis diabetes, Dr Sarah Brewer, juga menyarankan untuk memasukan buah dalam pola makan nabati, yakni rendah serat, dan dengan indeks glikemik yang rendah seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran, dan biji-bijian. Suplemen diabetes dengan ramuan obat tradisional juga sangat direkomendasikan.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali, kamu juga dapat rutin berolahraga. Olahraga memanfaatkan cadangan gula yang disimpan di otot dan hati anda, yang tubuh anda butuhkan ketika telah menggunakan energi dari cadangan tersebut.

Lantas, buah-buahan apa saja yang indeks glikemik-nya rendah dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut di antaranya blackberry, bluberi, stroberi, alpukat, ceri asam, plum,jeruk, jeruk bali, pir, apel, persik, pisang, hingga nektarin.