Franka Franklin di Mata Nadiem Makarim: Teman Hidup Saya

(kiri ke kanan) Franka Franklin bersama suami, Nadiem Makarim. Instagram/@nadiemmakarim

cinta

Franka Franklin di Mata Nadiem Makarim: Teman Hidup Saya

Sabtu, 12 Juni 2021 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, mengungkapkan arti istri dalam hidupnya bertepatan dengan ulang tahun pernikahan ketujuh. Menurut Nadiem, Franka Franklin adalah teman hidupnya yang selalu mendukung sekaligus memberi kritik membangun.

"Teman hidup saya. Tidak hanya dukungan, tapi saran dan kritiknya selalu menjadi kekuatan tersendiri dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada," tulisnya di keterangan foto Instagram, Jumat, 11 Juni 2021.

Nadiem pun berharap Franka selalu tangguh dan bersemangat dalam menemaninya menjalani hidup. Selain menguntai pesan menyentuh yang ditujukan kepada istri tercintanya, Nadiem juga mengunggah foto mereka berdua duduk di sofa berwarna abu-abu.

Di foto itu, Franka terlihat menunduk sambil tertawa. Lulusan jurusan bisnis internasional dan studi pengembangan di Hogeschool Rotterdam, Belanda, ini tampak memakai luaran atau outer berlengan panjang yang terbuat dari kain tradisional. Ia padukan outer itu dengan blus putih dan celana jeans. Ia tampak menguncir rapi rambutnya yang panjang dan belah pinggir.

Sementara Nadiem Makarim bergaya cool seperti sedang melihat ke arah atas sambil memegang dagunya seolah memikirkan sesuatu. Beda warna busana dengan sang istri, Nadiem tampil berbusana serba hitam, dari kemeja hingga celana panjangnya.

Kehidupan pernikahan mereka yang dibina sejak 2014 sedikit demi sedikit dibagikan saat Nadiem dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Oktober 2019. Sebelumnya, saat menjadi pendiri startup Gojek Indonesia, Nadiem tak banyak membagikan soal istri dan anak-anaknya.

Sebenarnya bukan kali ini saja, Nadiem mengungkapkan pendapatnya tentang Franka. Di unggahan lain, ia menuangkan pendapatnya tentang pekerjaan seorang ibu yang dilihat dari keseharian Franka.

Baca juga: Cara Istri Nadiem Makarim Membagi Waktu, Rumusnya 100 Persen

"Pekerjaan seorang Ibu Rumah Tangga adalah hal yang luar biasa kompleks,” katanya di keterangan foto Instagram, 24 Maret 2021.

Menurut Nadiem, ia salut dengan betapa besarnya lingkup kerja seorang ibu. Selain mengurus suami dan buah hati, para ibu pun tentunya perlu memiliki kemampuan lainnya. "Belum lagi dengan berbagai kemampuan yang mereka miliki, dari ilmu manajemen, ilmu finansial, sampai membagi waktu bermain aktif dengan anak, semuanya bisa!" ujar pria 36 tahun ini.

Sebagai perempuan yang juga aktif mengelola bisnis perhiasan Tulola Jewelry dengan Happy Salma dan Sri Luce Rusna, Franka Franklin berupaya selalu fokus dan tak mencampur urusan antara pekerjaan dan mengurus ketiga buah hatinya. Ia dan Nadiem juga berkomitmen tak banyak mengumbar soal anak dan keluarga. Hal itu ia ungkapkan saat ditemui Cantika pada November 2019.

Baca juga: Franka Franklin, Istri Nadiem Makarim Belajar Menerima Sorotan

"Aku dan Nadiem sepakat untuk tidak mengekspos soal anak dan keluarga," ucap Franka saat ditemui di acara Tulola Jewelry yang bertempat di Hotel Dharmawangsa, 22 November 2019. Saat itu, putri kecilnya Solara Franklin Makarim atau Sola turut hadir di penghujung acara.

Hingga saat ini, baik Nadiem Makarim ataupun Franka Franklin terlihat memegang teguh komitmen itu. Salah satu contohnya, mereka tak menunjukkan wajah anak-anaknya saat membagikan foto mereka di media sosial. Bisa dikatakan itu bentuk perlindungan privasi buah hati mereka.