Cara Istri Nadiem Makarim Membagi Waktu, Rumusnya 100 Persen

Franka Franklin, istri Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 dan pebisnis perhiasan, saat ditemui di pameran Merayakan Nusantara di Bimasena Lounge, The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Jumat 22 November 2019. TEMPO/Silvy Riana Putri

ragam

Cara Istri Nadiem Makarim Membagi Waktu, Rumusnya 100 Persen

Jumat, 22 November 2019 21:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Istri Nadiem Makarim, Franka Franklin mengemban peran baru sebagai istri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada pelantikan 34 menteri dalam Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019. Sebelum menjalani amanah tersebut, Franka sudah menjalani berbisnis perhiasan Tulola dengan Happy Salma dan Sri Luce Rusna.

Selain beragam aktivitas di luar rumah, Franka Franklin juga berperan sebagai ibu untuk buah hatinya. Seperti apa kiat istri termuda Indonesia ini dalam membagi waktu dengan beragam peran? Menurut penuturan Franka, tidak ada yang berubah dari dirinya maupun Nadiem sejak menjadi anggota kabinet. Pasangan ini tetap menerapkan rumusan yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Paling yang cuma bisa saya lakukan sebaik-baiknya adalah apapun yang sedang saya lakukan, saya harus 100 persen di situ,” ungkap Franka Franklin saat ditemui di pameran Merayakan Nusantara di Bimasena Lounge, The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Jumat 22 November 2019.

Ia memaparkan lebih lanjut, “Jadi, kalo memang waktu saya sama anak-anak, berarti saya akan fokus dengan anak-anak, enggak sambil kerja. Enggak sambil mesti siap-siap mo pergi ke mana. Tapi kalo saya lagi kerja, saya coba fokus 100 persen sama Tulola.”

Menurut Franka, belum ada hambatan hingga saat ini dengan kegiatan yang meningkat. “Begitu juga dengan kewajiban-kewajiban yang mungkin baru bagi saya. Pada saat saya di sana, saya kasih seluruhnya untuk mereka.  Semoga dengan begitu waktunya lebih efisien, enggak saling menganggu satu sama lain. So far masih oke semuanya,” pungkas ibu dari Solara Franklin Makarim.