Rayakan Hari Laut Sedunia, Ini Pesan Kelly Tandiono dan 3 Artis

Kelly Tandiono dalam peringati Hari Laut Sedunia/Instagram-kelly_tandiono

profil

Rayakan Hari Laut Sedunia, Ini Pesan Kelly Tandiono dan 3 Artis

Rabu, 9 Juni 2021 07:12 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 8 Juni sebagai hari laut sedunia atau World Ocean Day. Dilansir dari unesco.org, gagasan hari laut sedunia pertama kali diusulkan di KTT Bumi di Rio de Janeiro, Brazil pada 1992 silam. Pada 5 Desember 2008, PBB secara resmi menetapkan 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) melalui resolusi 63/111.

Dalam memperingati hari laut sedunia, beberapa artis mengunggah foto mereka saat berada di laut. Unggahan tersebut disertai pesan-pesan untuk tetap menjaga laut kita.

Pertama, Nadine Chandrawinata mengunggah foto sebuah lautan yang bertuliskan HOPE. Tulisan tersebut bukan sebuah hasil editan."Ini adalah gagasan terumbu karang hasil restorasi yang dinamakan Hope Reef ," tulis Nadine Chandrawinata pada unggahan tanggal 8 Juni 2021. Karya ini merupakan hasil kolaborasi dari SHEBA dan penduduk lokal di Pulau Bontosua.

Hope, kata Nadine, adalah sebuah awal dari program restorasi terumbu karang terbesar di dunia. "Yes, program restorasi kelas dunia dan berada di perairan Indonesia. Tepatnya di Bontosua, Sulawesi," kata Nadine.

Hingga saat ini , Hope Reef telah berhasil membantu meningkatkan pertumbuhan terumbu karang di sekitar pulau dari 5 persen menjadi 55 persen. Akibatnya, jumlah ikan pun bertambah sampai 300 persen. "Banyak spesies yang kembali muncul, seperti hiu dan penyu. Seneng yah, ini terjadi di perlautan kita.," kata Nadine bangga.

Kedua, Sheryl Sheinafia merayakan hari laut sedunia dengan mengunggah foto dirinya tengah menikmati suasana laut. Sheryl Sheinafia tampak berdiri membelakangi lautan lepas dengan menghadap ke atas, serta tertawa dan merentangkan tangan seakan menikmati keindahan tersebut."Selamat hari laut sedunia kepada tuan dan nyonya laut. Terima kasih untuk kamu!!! Aku mencitaimu laut!!" tulis Sheryl Sheinafia dalam unggahannya.

Ketiga, Hamish Daud yang mengunggah foto bersama keluarga kecilnya di pinggiran pantai. Dalam foto yang bersiluet itu tampak dirinya tengah berdiri dan menghadap ke sang istri, Raissa yang sedang menggendong anak mereka. "Selamat Hari Laut sedunia," tulis Hamish Daud dalam unggahannya.

Keempat, Kelly Tandiono yang mengunggah foto saat menyelam di laut dan menampilkan keindahan bawah laut. Pada foto ketiga, Kelly Tandiono mengunggah foto dirinya duduk menyilang di bawah laut, lengkap dengan alat menyelam dan menggunakan baju berwarna pink. "Lautan bukan hanya kumpulan air, mereka adalah sumber kehidupan di bumi, mereka adalah sumber oksigen bagi kita. Waktunya telah tiba untuk melindungi dan menyelamatkan mereka," tulis Kelly Tandiono dalam unggahannya. Kelly Tandiono juga mengajak para pengikutnya untuk menjaga laut untuk menjaga masa depan kita nantinya.

NATHASYA ESTRELLA