Resep Kreasi Bayam, Ada Mac and Cheese dan Bakso Bayam Goreng

Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

kuliner

Resep Kreasi Bayam, Ada Mac and Cheese dan Bakso Bayam Goreng

Senin, 31 Mei 2021 16:50 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaBayam adalah salah satu contoh sayuran yang bergizi dan harganya juga terjangkau. Selain diolah menjadi sayur bayam biasa, Anda bisa memanfaatkan bayam menjadi menu menarik lain seperti yang sudah dilakukan oleh Ayudia BingSlamet. Ada Mac n Cheese dan bakso bayam.

Mac n Cheese dengan Bayam

Bahan:16 ons makaroni4 cangkir daun bayam muda1 siung bawang putih8 ons keju cheddar dan parmesan parut1 sendok makan minyak zaitun½ sendok teh mustard tumbuk½ sendok teh kunyit½ sendok teh garamLada hitam1 cangkir yogurt

Cara masak:Panaskan panci besar berisi air mendidih dan beri garam. Masak pasta sesuai dengan instruksi yang ada di kemasan. Siapkan saringan di wastafel dan letakkan daun bayam di saringan. Saat pasta sudah matang, angkat dari api dan tiriskan pasta ke dalam saringan, biarkan air mendidih dari pasta membuat bayam menjadi layu. |

Sementara itu, cincang bawang putih dan parut keju cheddar dan parmesan

Saat pasta sudah matang, panaskan minyak zaitun dengan api sedang dalam wajan besar. Tambahkan mustard bubuk, kunyit dan bawang putih, tumis selama 1 menit hingga bawang putih harum. Tambahkan pasta dan bayam ke dalam wajan dan aduk hingga rata.

Tambahkan keju cheddar dan parmesan lalu aduk hingga keju meleleh dan tercampur rata. Tambahkan garam dan lada hitam juga yogurt.

Bakso Bayam Goreng

Bahan:450 gram daging giling300 gram bayam beku cincang1/2 cangkir bawang bombay cincang4 siung bawang putih, cincang1 butir telur1/2 sendok makan garam1/2 sendok makan basil kering1/4 sendok makan merica1/4 sendok makan oregano

Cara masak:Cairkan bayam beku dan peras kelebihan airnya menggunakan kain katun tipis atau tisu. Pastikan untuk benar-benar memeras kelebihan air karena apabila masih tersisa air pada bayam, bakso akan hancur.

Campurkan daging giling, bayam, bawang bombay, bawang putih, telur, garam, merica, basil, dan oregano dengan tangan sampai tercampur rata.

Lalu buat bakso dari campuran daging, 4 per porsi (16 bakso untuk 4 porsi)/ Goreng bakso dalam wajan hingga warnanya kecoklatan.

Baca: 6 Khasiat Bayam Merah untuk Pencernaan hingga Atasi Anemia