Krisdayanti Cerita Terbiasa Memberikan Tip karena Pengalaman Masa Kecilnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Krisdayanti, penyanyi. Instagram/@krisdayantilemos

Krisdayanti, penyanyi. Instagram/@krisdayantilemos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Krisdayanti mengungkapkan ia terbiasa memberi tip atau persen kepada pelayan restoran, supir, pelayan hotel hingga pengangkat koper di bandara karena melihat dari masa kecilnya. Ia mengaku dulu ibundanya, Rachma Widadiningsih, bekerja untuk menghidupi anak-anaknya. Penghasilan yang didapatnya berdasarkan tip. 

"Karena mamaku dulu kan kerja, misalkan saat kita masih kecil-kecil. Ia kerja berdasarkan tip. Kita anak-anaknya kadang bisa makan karena mama dapat tip, itu waktu aku kecil-kecil," jelas Krisdayanti di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia, Senin, 17 Mei 2021.

Dari pengalamannya itu, Krisdayanti menambahkan bahwa bagi sejumlah orang nominal tip mungkin tak seberapa, tapi bisa bermanfaat besar untuk orang lain. "Jadi itu mungkin hal kecil yang kita lakukan dalam keseharian kita bisa bermanfaatnya tuh luas," ucap ibu empat anak itu.

Baca juga: 10 Tahun Menikah dengan Raul Lemos, Krisdayanti: Selalu Diberikan Kebahagiaan

Ia mengaku juga menularkan kebiasaan itu kepada putri sulungnya Aurel Hermansyah. "Makanya aku pesan sama Aurel, 'Aurel kalau ke mana-mana siapin uang buat yang nyetir, buat soundman, kayak contoh-contoh kecil. Karena mereka kan yang jagain," ujar istri Raul Lemos itu.

Menurut Krisdayanti, tip itu bisa membangun koneksi kepekaan dan toleransi saat Aurel bekerja sama dengan timnya. Selain itu, tip wujud kecil rasa terima kasihnya kepada para pihak di belakang layar yang mendukung penuh penampilannya.

"Karena yang menolong kalian ini, orang-orang yang tanpa kalian sadari. Orang di belakang panggung, orang yang menyiapkan lighting sebegitunya. Kadang penonton juga enggak tahu di balik kilauan artis itu ada orang-orang di monitor bekerja mati-matian bikin dia cantik. Koneksi artis dengan orang-orang produksi itu yang harus dibangun. Tenggang rasa dan kepekaan dengan pekerja musik harus dibangun. Attitude itu yang harus didapat," pungkas Krisdayanti.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."