Kiat Tingkatkan Kesehatan Tulang dan Kurangi Risiko Osteoporosis

osteoporosis

kesehatan

Kiat Tingkatkan Kesehatan Tulang dan Kurangi Risiko Osteoporosis

Senin, 24 Juni 2019 15:59 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Osteoporosis bisa menjadi kondisi yang menyakitkan dan melemahkan. Osteoporosis adalah kondisi di mana kepadatan tulang menurun, menyebabkan tulang kehilangan kekuatan.

Osteoporosis sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja dan di usia berapa pun, tetapi paling umum terjadi pada orang tua, terutama wanita. Kondisi ini juga meningkatkan risiko retak atau patah tulang saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Good to Know, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan tulang agar bisa mengurangi risiko osteoporosis.

Artikel terkait:Memahami Kanker Tulang, Penyebab dan PengobatanDokter Ingatkan Bahaya Tidur Tengkurap dan Meringkuk

#Beraktivitas di bawah sinar matahari Sinar matahari adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin D, yang bagus untuk memperkuat tulang. Vitamin D mengatur metabolisme kalsium dan sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan otot dan tulang melemah, patah tulang, dan kelelahan yang parah.

#Makan banyak sayuran Sayuran hijau seperti kol, bayam, kangkung, dan brokoli, memiliki kandungan vitamin K dan magnesium yang tinggi, yang baik untuk tulang. Vitamin K membantu tubuh menyerap kalsium dan juga ditemukan dalam jumlah besar pada ikan, daging, dan telur. Magnesium sangat penting untuk perkembangan struktural tulang dan memastikan kelenjar paratiroid, hormon yang penting bagi kesehatan tulang, berfungsi normal.

#Rutin jalan kaki Jalan kaki dapat memperkuat tulang, terutama bila dilakukan setelah makan, karena dapat membantu menyerap nutrisi dari makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang. Olahraga dapat membantu menunda tulang keropos saat usia bertambah, tapi tidak semua olahraga dapat membuat perbedaan. Berenang dan bersepeda tidak bisa secara khusus membantu kesehatan tulang, karena kedua olahraga ini tidak membuat tubuh menahan beban.