6 Jus Sayur dan Buah Ini Bantu Tingkatkan Imunitas usai Sembuh dari Covid-19

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jus buah (Pixabay.com)

Ilustrasi jus buah (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaJus sayur dan buah direkomendasikan selama proses penyembuhan dan usai pulih dari Covid-19. Sebab minuman ini memberikan berbagai nutrisi, antioksidan, dan senyawa penangkal radikal bebas. Kandungan tersebut juga baik untuk mencegah peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Diketahui Covid-19 mempengaruhi sistem pencernaan secara langsung dengan menyebabkan kerusakan jaringan dan peradangan di perut. Jus segar cepat diserap oleh sistem pencernaan, sehingga memberikan efek menenangkan dan menyembuhkan.

Selain itu, nutrisi masuk ke aliran darah dengan cepat sehingga manfaatnya akan terasa lebih cepat, salah satunya lebih berenergi. Ritu Khaneja, ahli gizi terapeutik dan ahli gizi serta pendiri RightKcalories, membagikan beberapa resep jus sayur dan buah untuk perkuat imunitas. Ia menyebutkan minum salah satu dari tujuh jus ini secara rutin tiga kali dalam sehari akan bantu tingkatkan imunitas usai sembuh dari Covid-19 seperti dikutip dari Pink Villa, Senin, 17 Mei 2021.

1. Jus tomat dan mint

Jus ini adalah minuman antioksidan super dan menjaga kesehatan pencernaan. Haluskan 4 tomat dan 2-3 tangkai daun mint dengan 1 gelas air dan minum.

2. Jus wortel, bit, amla, jahe, dan air lemon 

Wortel dan bit membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mendukung fungsi hati yang sehat. Amla kaya vitamin C. Campurkan 2 wortel kupas, 1 bit, 2 amla, dan 1 inci potongan jahe dan tambahkan lemon ke dalamnya. 

Baca juga: Minum Jus Buah dan Sayur Sebelum Makan Bikin Nutrisi Terserap Lebih Sempurna

3. Jeruk nipis, nanas, dan apel hijau

Jus ini adalah pembangkit tenaga, kaya vitamin C, dan kalsium, sehingga bermanfaat  meningkatkan sistem kekebalan dan membantu pencernaan. Haluskan 2 jeruk nipis, 200 gram nanas, dan 1 apel hijau cincang. Tambahkan 1 sendok garam batu ke dalamnya. 

4. Jus kiwi, stroberi, dan jeruk

Selain kaya antioksidan, jus ini juga membantu mengelola tekanan darah dan mencegah penyakit lebih lanjut. Campurkan 1 cangkir stroberi yang sudah dibelah dua, 2 kiwi kupas, 1 jeruk buang biji dengan 1/2 cangkir air dan 1 sendok teh madu.

5. Jus mentimun, bayam, seledri, jahe, dan lemon

Jus hijau ini membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan pencernaan Anda. Haluskan 2 mentimun yang sudah dikupas, 100 gram daun bayam, 4 batang seledri dan 1 inci jahe bersama-sama dan tambahkan 1/2 jus lemon ke dalamnya. Voila! Jus Anda sudah siap.

6. Jus labu abu, amla, dan jahe

Jus labu abu memperkuat proses pernapasan dan mendetoksifikasi ginjal. Campurkan 200 gram labu abu, 2 amla kupas, dan 20 gram jahe.

Selain perkuat imunitas pascasembuh dari Covid-19, jus sayur dan buah ini bantu mengontrol kolesterol karena tinggi serat dan tidak mengandung lemak jenuh atau natrium. 

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."