Najwa Shihab Cerita Makanan Favorit saat Lebaran, Salah Satunya Biskuit Gem Rose

Najwa Shihab menceritakan salah satu hidangan favoritnya saat Lebaran, yaitu biskuit Gem Rose. Instagram/@najwashihab

kuliner

Najwa Shihab Cerita Makanan Favorit saat Lebaran, Salah Satunya Biskuit Gem Rose

Selasa, 11 Mei 2021 20:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jurnalis dan pendiri Narasi TV, Najwa Shihab, mengisahkan menu favoritnya saat Lebaran. Apa saja itu? Ibu satu putra ini menyebutkan nasi kebuli dan biskuit Gem Rose. 

Melalui Instagram-nya, Selasa sore, 11 Mei 2021, Najwa mengungkapkan setiap kali Lebaran ia selalu ingat biskuit Gem Rose. Biskuit ini juga dikenal dengan sebutan kue kembang, kue kukis monas, kue gula warna-warni, kue kancing, jelasnya. 

"Saya malah tadinya mengira namanya kue mahkota (ngarang, maaf ~). Mungkin karena mungil dan imut, lantas banyak yang berebut kasih nama," jelas perempuan 43 tahun ini.

Menurut Najwa, biskuit ini makanan yang paling diburu oleh anak-anak karena pugasan atau topping krimnya yang manis dan menggoda warna-warni.

"Ibarat meja jamuan itu miniatur foodcourt, jajanan ini dagangan terlaris manis, apalagi di kalangan anak kecil. Saya masih hafal betul cara makannya: lahap biskuitnya dahulu, baru kemudian gula warni warninya sebagai pamungkas diembat terakhir. Ikut prinsip save the best for the last!" Najwa menjelaskan.

Ia menambahkan ada beberapa anak yang iseng hanya menjilat krimnya, biskuitnya tidak dimakan. "Makanya sering ada tragedi meja makan: ditemukan toples berisi banyak kue ini yang botak, tanpa krim, tutur putri ulama kondang Quraish Shihab ini.

Baca juga: Cerita Najwa Shihab Berlebaran dengan Keluarga di Rumah Saja

Najwa Shihab mengungkapkan nasi kebuli salah satu makanan favoritnya saat Lebaran. Ia menceritakannya dalam unggahan Instagram, Selasa, 11 Mei 2021. Instagram/@najwashihab

Usai bernostalgia dengan biskuit Gem Rose, Nana sapaan akrabnya mengutarakan bahwa nasi kebuli termasuk makanan Lebaran yang ditunggu-tunggunya.

"Mungkin gampang ditebak ya, karena hidangan satu ini memang identik dengan warga keturunan Arab. Tapi Nasi Kebuli berjodoh pula dengan budaya masyarakat Indonesia, masak dalam jumlah banyak supaya tidak langsung habis satu hari. Sesuai juga dengan kebutuhan makanan Hari Raya yang menuntut bisa dinikmati ramai-ramai," ungkapnya.

Ia kemudian memaparkan info singkat tentang nasi kebuli bagi yang belum mengetahuinya. Nasi Kebuli merupakan nasi yang dimasak dengan kaldu daging kambing dan rempah-rempah.

"Lumrahnya disajikan berteman daging kambing goreng yang bebas dari aroma prengus, lalu ditaburi kismis (kadang dengan nanas, dibumbuhi sambal goreng daging). Kombinasi ini melahirkan rasa manis keasam-asaman. Namun, tetap gurihnya yang memimpin kekayaan rasa itu, Nyammm," lanjut istri Ibrahim Sjarief Assegaf ini.

Baca juga: Dirawat di Rumah Sakit, Najwa Shihab Cerita Punya Daftar 10 Kegiatan

Menurut Najwa, nasi kebuli ini salah satu contoh santapan Lebaran yang mencerminkan perpaduan budaya di Tanah Air. Ia pun menyebutkan contoh makanan Lebaran lain yang merupakan wujud akulturasi budaya dengan negara lain. 

"Kuah kuning dari opor itu berasal dari penggunaan kunyit ala India, lalu nastar dan kastengel berasal dari Belanda," ucapnya.

Tak hanya mengungkapkan makanan favoritnya di Hari nan Fitri, Najwa Shihab juga mengajak netizen ikut bercerita makanan yang paling ditunggunya saat Lebaran dengan tagar #makananpengobatrindu. Ia juga menandai akun Instagram beberapa kepala daerah yang juga aktif di media sosial seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Gandjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Wali Kota Bima Arya.