Begini Perjalanan Cinta Bill Gates dan Melinda Gates Sebelum Akhirnya Berpisah

cinta

Begini Perjalanan Cinta Bill Gates dan Melinda Gates Sebelum Akhirnya Berpisah

Jumat, 7 Mei 2021 15:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaMelinda Gates dan Bill Gates sepakat bercerai setelah 27 tahun menikah. Keduanya mengumumkan perpisahan melalui akun Twitter mereka, Selasa, 4 Mei 2021.

"Setelah berpikir panjang dan mencoba mempertahankan hubungan ini, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikahan kami," bunyi pernyataan itu, Selasa, 4 Mei 2021.

Kisah cinta Melinda dan Bill bermula saat acara makan malam Microsoft, perusahaan teknologi raksasa dunia, pada tahun 1987. Saat itu, Melinda Gates masih menjadi manajer produk, sementara Bill merupakan pendiri sekaligus CEO Microsoft.

"Ketika Bill pertama kali mengajak saya berkencan, dia berkata, 'Saya berpikir mungkin kita bisa keluar dua minggu dari malam ini,'" kenang Melinda dalam sebuah unggahan Facebook pada tahun 2015 dilansir dari People, 4 Mei 2021. "Saya mengatakan kepadanya bahwa dia tidak cukup spontan untuk saya."

Mendengar respons Melinda, Bill Gates pantang menyerah. Ia menelepon Melinda satu jam kemudian dan mengajaknya bertemu malam itu juga. "Dia bertanya, 'Apakah itu cukup spontan untukmu?'" kenang Melinda.

Sejak saat itu, lanjut Melinda, Bill secara perlahan-lahan menjadi pribadi yang sedikit lebih spontan dan membuka diri kepadanya.

Meski cinta sudah tumbuh di antara mereka berdua, Bill belum bisa berkomitmen pada pernikahan. Pertimbangannya saat itu apakah ia bisa menyeimbangkan antara dunianya di Microsoft dan kehidupan keluarga.

"Saya menganggap serius gagasan tentang pernikahan," Bill menjelaskan dalam film dokumenter Inside Bill's Brain yang tayang di Netflix 2019. "Anda tahu, kami sangat peduli satu sama lain dan hanya ada dua kemungkinan: kami akan putus atau akan menikah."

Melinda pun menambahkan, "Bill ingin menikah, tetapi dia tidak tahu apakah dia benar-benar dapat berkomitmen dan memiliki Microsoft."

Menurut Melinda, mereka berdua juga membuat daftar pro dan kontra mengenai pernikahan saat itu. Mereka diketahui berpacaran sekitar lima setengah tahun, lalu menikah pada 1 Januari 1994 di Pulau Lanai, Hawaii.

Pasangan yang terpaut usia sembilan tahun ini dikaruniai anak pertama berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Jennifer Katharine Gates pada 26 April 1996. Sejak kelahiran Jennifer, Melinda Gates memutuskan untuk mundur dari kariernya dan fokus membesarkan putrinya.

Tiga tahun berikutnya, tepatnya 23 Mei 1999 Melinda melahirkan bayi laki-laki bernama Rory John Gates. Anak ketiga, Phoebe Adele Gates, mereka lahir pada 14 September 2002.

Baca juga: Bercerai dari Bill Gates, Melinda Gates Tak Minta Tunjangan Anak

Meski mundur dari pekerjaannya di Microsoft setelah sembilan tahun, Melinda tetap bekerja dengan Bill Gates. Mereka meluncurkan Bill and Melinda Gates Foundation pada tahun 1994. Yayasan nirlaba itu berfokus pada kesehatan global, pendidikan, akses ke informasi digital melalui perpustakaan umum, dan dukungan untuk keluarga berisiko.

Melinda juga merilis buku inspiratif berjudul The Moment of Lift: How Empowering Women Changes the World pada 2019.

Pada akhirnya, Melinda Gates menggugat cerai Bill Gates pada Senin, 3 Mei 2021. Dalam dokumen perceraian Melinda, yang diperoleh People, filantropis tersebut mengatakan bahwa pernikahannya tidak dapat diperbaiki lagi. Dia juga tidak meminta tunjangan pasangan atau tunjangan anak. 

Bill Gates maupun Melinda Gates juga telah memiliki perjanjian perpisahan yang artinya mereka telah menyelesaikan persoalan yang ada termasuk pembagian harta dan aset selama pernikahan.

NATHASYA ESTRELLA | MARVELA | NIA PRATIWI