Bercerai dari Bill Gates, Melinda Gates Tak Minta Tunjangan Anak

Bill Gates dan Melinda menikah pada 1994, di mana pertemuannya saat Bill Gates masih menjabat sebagai CEO Microsoft dan Melinda adalah product managernya. REUTERS/Kamil Zihnioglu/Pool/File Photo

ragam

Bercerai dari Bill Gates, Melinda Gates Tak Minta Tunjangan Anak

Rabu, 5 Mei 2021 15:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Melinda Gates dan Bill Gates sepakat bercerai setelah 27 tahun menikah. Keduanya mengumumkan perpisahan melalui akun Twitter mereka.

"Setelah berpikir panjang dan mencoba mempertahankan hubungan ini, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikahan kami," bunyi pernyataan itu, Selasa, 4 Mei 2021.

Kisah cinta mereka berdua bermula di acara makan malam bisnis di New York, Amerika Serikat, tahun 1987. Saat itu Bill Gates masih menjabat sebagai CEO Microsoft, sementara Melinda Gates adalah manajer produk (belakangan GM of Information Products). Bahkan, saat itu, Melinda adalah satu-satunya perempuan di dalam jajaran eksekutif Microsoft.

Kisah cinta mereka lalu berlabuh di pelaminan pada tahun 1994. Mereka dikaruniai tiga anak, Rory John, 21 tahun, serta dua anak perempuan Phoebe Adele, 18 tahun dan Jennifer Katharine, 25 tahun.
 
Tak hanya disibukkan dengan mengembangkan perusahaan teknologi raksasa di dunia, Microsoft, dan mengasuh ketiga buah hati, mereka juga menaruh perhatian di bidang sosial. Mereka mendirikan organisasi filantropi bernama Bill and Melinda Gates Foundation di tahun 2000.

Yayasan nirlaba tersebut telah menyumbangkan kurang lebih US$ 53,8 miliar atau sekitar Rp 776 triliun untuk berbagai inisiatif mulai dari sistem kesehatan, pencegahan kemiskinan, hingga penanganan pandemi.

Baca juga: Putri Bill Gates Bertunangan, Siapa Pria yang Beruntung Itu?

Bill dan Melinda memastikan organisasi mereka akan tetap berjalan, walaupun pernikahan mereka berakhir. Mereka menegaskan bahwa meski tak lagi bersama, keduanya tetap memiliki kesamaan paham dalam mengelola Bill and Melinda Gates Foundation.

"Kami akan tetap bekerja sama untuk menjalankan organisasi tersebut, namun kami tidak lagi percaya bahwa kami bisa tumbuh bersama sebagai pasangan hidup," ungkapnya di pernyataan itu.

Mengutip People, Melinda Gates mengajukan gugatan cerai dari Bill Gates pada Senin, 3 Mei 2021. Dalam dokumen perceraian Melinda, yang diperoleh People, filantropis tersebut mengatakan bahwa pernikahannya tidak dapat diperbaiki lagi. Dia juga tidak meminta tunjangan pasangan atau tunjangan anak.

Melinda juga mengajukan perintah sementara yang mengatur pembatasan keuangan, yang membatasi dia dan kemampuan Bill untuk menjual properti atau membuat perubahan pada polis asuransi, kecuali seperti yang disepakati secara tertulis atau seperti yang diperintahkan oleh pengadilan.

Diperkirakan Melinda bakal menjadi wanita terkaya kedua di dunia. Nilai kekayaannya ditaksir mencapai US$ 73 miliar atau sekitar Rp 1.054 triliun.

Taksiran itu diperoleh berdasarkan hukum negara bagian Washington, pasangan yang bercerai diminta untuk membagi aset mereka secara merata, 50 persen - persen. Mereka juga diketahui tidak memiliki perjanjian pranikah.

Dengan perkiraan harta kekayaan itu, Melinda Gates akan menjadi wanita terkaya kedua di dunia, di bawah Françoise Bettencourt Meyers. Meyers adalah pemilik produk kecantikan L'Oreal yang kini berusia 67 tahun.

Meyers memiliki kekayaan warisannya sekarang bernilai sekitar US$ 83 miliar atau Rp 1.198 triliun. Menurut indeks miliarder Bloomberg, Bill Gates saat ini menduduki peringkat keempat terkaya di dunia, dengan total kekayaan sekitar US$ 146 miliar atau Rp 2.108 triliun.

ISTMAN MP | NIA PRATIWI| BISNIS