10 Tips untuk Bisa Lebih Bahagia, Mulai dari Kebiasaan Sehari-hari

Semua orang berhak bahagia, tapi ukuran kebahagiaan setiap individu berbeda-beda. (Pexels/Andrea Piacquadio)

kesehatan

10 Tips untuk Bisa Lebih Bahagia, Mulai dari Kebiasaan Sehari-hari

Kamis, 6 Mei 2021 23:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebahagiaan berbeda untuk setiap orang. Tapi terlepas dari versi kebahagiaan sejati Anda, menjalani hidup yang lebih bahagia dan lebih puas berada dalam jangkauan. Beberapa penyesuaian pada kebiasaan rutin Anda dapat membantu Anda mencapainya. Kebiasaan itu penting. Jika Anda pernah mencoba menghentikan kebiasaan buruk, Anda tahu betul betapa sulitnya itu. 

Nah, kebiasaan baik juga tertanam kuat. Mengapa tidak berusaha menjadikan kebiasaan positif sebagai bagian dari rutinitas Anda?

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa membantu memulai misi Anda. Ingatlah bahwa versi kebahagiaan setiap orang sedikit berbeda, begitu pula cara mereka untuk mencapainya.

Jika beberapa dari kebiasaan ini menambah stres atau tidak sesuai dengan gaya hidup Anda, tinggalkan. Dengan sedikit waktu dan latihan, Anda akan mengetahui apa yang berhasil dan tidak untuk Anda.

1. Senyum

Anda cenderung tersenyum saat bahagia. Tapi sebenarnya ini adalah jalan dua arah. Kita tersenyum karena bahagia, dan tersenyum menyebabkan otak melepaskan dopamin, yang membuat kita lebih bahagia.

Itu tidak berarti Anda harus bermain-main dengan senyum palsu yang terpampang di wajah Anda sepanjang waktu. Tetapi lain kali Anda merasa sedih, tersenyumlah dan lihat apa yang terjadi. Atau coba mulai setiap pagi dengan tersenyum pada diri sendiri di cermin.

2. Latihan

Olahraga tidak hanya untuk tubuh Anda. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi sekaligus meningkatkan harga diri dan kebahagiaan. Bahkan sedikit aktivitas fisik dapat membuat perbedaan. Triknya adalah jangan terlalu memaksakan diri. Jika Anda tiba-tiba melakukan rutinitas yang berat, Anda mungkin akan merasa frustrasi (dan pegal).

Pertimbangkan permulaan latihan ini:

  • Berjalan-jalanlah di sekitar blok setiap malam setelah makan malam.
  • Mendaftarlah untuk kelas pemula dalam yoga atau tai chi.
  • Mulailah hari Anda dengan peregangan selama 5 menit. Berikut serangkaian peregangan untuk Anda mulai.
  • Ingatkan diri Anda tentang aktivitas menyenangkan apa pun yang pernah Anda nikmati, tetapi tidak berhasil. 

3. Tidur yang cukup

Tidak peduli seberapa banyak masyarakat modern mengarahkan kita ke kurang tidur, kita tahu bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan yang baik, fungsi otak, dan kesejahteraan emosional.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7 atau 8 jam tidur setiap malam. Jika Anda menemukan diri Anda melawan keinginan untuk tidur siang di siang hari atau hanya merasa seperti berada dalam kabut, tubuh Anda mungkin memberi tahu Anda bahwa perlu lebih banyak istirahat.

4. Makan dengan memikirkan suasana hati

Anda sudah tahu bahwa pilihan makanan berdampak pada kesehatan fisik secara keseluruhan. Tetapi beberapa makanan juga dapat memengaruhi keadaan pikiran Anda.

5. Bersyukur

Bersyukur dapat meningkatkan suasana hati Anda, di antara manfaat lainnya. Misalnya, penelitian dua bagian baru-baru ini menemukan bahwa mempraktikkan syukur dapat berdampak signifikan pada perasaan harapan dan kebahagiaan.

Mulailah setiap hari dengan mengakui satu hal yang Anda syukuri. Anda dapat melakukannya sambil menyikat gigi atau menunggu alarm berbunyi. Saat Anda menjalani hari, cobalah untuk memperhatikan hal-hal menyenangkan dalam hidup Anda. Bisa jadi hal-hal besar, seperti mengetahui bahwa seseorang mencintai Anda atau mendapatkan promosi yang layak.

Tapi bisa juga hal-hal kecil, seperti rekan kerja yang menawari Anda secangkir kopi atau tetangga yang melambai kepada Anda. Bahkan mungkin hanya hangatnya sinar matahari di kulit Anda. Dengan sedikit latihan, Anda bahkan mungkin menjadi lebih sadar akan semua hal positif di sekitar Anda.

6. Beri pujian

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan tindakan kebaikan dapat membantu Anda merasa lebih puas. Memberi pujian yang tulus adalah cara cepat dan mudah untuk mencerahkan hari seseorang sekaligus meningkatkan kebahagiaan Anda sendiri.

Tangkap perhatian orang tersebut dan ucapkan dengan senyuman sehingga mereka tahu Anda bersungguh-sungguh. Anda mungkin akan terkejut dengan betapa menyenangkannya perasaan Anda. Jika Anda ingin memuji penampilan fisik seseorang, pastikan untuk melakukannya dengan cara yang sopan. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda mulai.

7. Tarik napas dalam-dalam

Anda tegang, bahu Anda kencang, dan Anda merasa seolah-olah Anda akan "kehilangannya". Kita semua tahu perasaan itu. Naluri mungkin memberi tahu Anda untuk mengambil napas dalam-dalam untuk menenangkan diri.

8. Akui saat-saat tidak bahagia

Sikap positif umumnya merupakan hal yang baik, tetapi hal buruk menimpa semua orang. Itu hanya bagian dari hidup. Jika Anda mendapat kabar buruk, melakukan kesalahan, atau hanya merasa sedang bingung, jangan mencoba berpura-pura bahagia.

Akui perasaan tidak bahagia, biarkan diri Anda mengalaminya sejenak. Kemudian, alihkan fokus Anda pada apa yang membuat Anda merasa seperti ini dan apa yang mungkin diperlukan untuk pulih.

9. Buat jurnal

Jurnal adalah cara yang baik untuk mengatur pikiran Anda, menganalisis perasaan Anda, dan membuat rencana. Dan Anda tidak harus menjadi seorang jenius sastra atau menulis banyak buku untuk mendapatkan keuntungan.

Ini bisa sesederhana mencatat beberapa pemikiran sebelum Anda pergi tidur. Jika menuliskan hal-hal tertentu membuat Anda gugup, Anda selalu dapat menguranginya setelah selesai. Itu proses yang penting.

Tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan semua perasaan yang berakhir di halaman itu? Panduan kami untuk mengatur perasaan Anda dapat membantu.

10. Hadapi stres secara langsung

Hidup ini penuh dengan stres, dan tidak mungkin untuk menghindari semuanya.

Tidak perlu. Psikolog Stanford Kelly McGonigal mengatakan bahwa stres tidak selalu berbahaya, dan kita bahkan dapat mengubah sikap kita tentang stres. Pelajari lebih lanjut tentang sisi positif stres.

Untuk penyebab stres yang tidak dapat Anda hindari, ingatkan diri Anda bahwa setiap orang memiliki stres - tidak ada alasan untuk berpikir bahwa semuanya ada pada Anda. Dan kemungkinan besar, Anda lebih kuat dari yang Anda kira.

Alih-alih membiarkan diri Anda kewalahan, cobalah untuk mengatasi penyebab stres secara langsung. Ini mungkin berarti memulai percakapan yang tidak nyaman atau melakukan pekerjaan ekstra, tetapi semakin cepat Anda menanganinya, semakin cepat perut Anda mulai menyusut.

Baca juga: Jalan Menuju Bahagia, Setiap Orang Punya Cara yang Berbeda

HEALTHLINE