Cegah Penuaan Dini dengan 7 Langkah Berikut

Ilustrasi perempuan tersenyum (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

kecantikan

Cegah Penuaan Dini dengan 7 Langkah Berikut

Rabu, 5 Mei 2021 23:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak perempuan khawatir dengan penuaan dini kulit, terutama di bagian wajah. Proses alami penuaan biasanya memotivasi orang untuk mencoba dan merawat kulit mereka dengan baik sehingga mereka dapat mengembalikan kemudaan dan kepercayaan diri mereka. Tetapi terkadang hal-hal sederhana yang Anda lakukan secara rutin dapat memberikan dampak terbesar.

Jika Anda berkomitmen untuk memperbaiki kulit Anda dan mencapai kemudaan, kilau bercahaya, ada tips sederhana yang harus Anda ikuti untuk memperlambat penuaan kulit dan terlihat lebih muda dalam prosesnya.

Berikut tips perawatan kulit dari ahli untuk membuat kulit Anda terlihat lebih muda secara instan.

Gunakan pembersih yang lembut

Menurut Samantha Dench, Ahli Estetika Berlisensi, dikutip dari The Ladders setiap orang harus mempertimbangkan untuk beralih ke pembersih yang lembut dan seimbang dan jangan pernah melewatkan mencuci wajah pagi dan sore hari.

“Rutinitas yang baik dimulai dengan pembersih yang baik! Seringkali saya melihat perempuan melakukan eksfoliasi dua kali sehari atau menggunakan pembersih kuat yang menghilangkan minyak dan kelembapan, membuat kulit kering, ”jelas Dench. "Jika Anda melakukan ini, kulit harus memproduksi minyak secara berlebihan untuk mengimbangi kekurangan minyak dan kelembapan."

Temukan pembersih lembut yang lembut atau berbusa yang cukup lembut untuk dibersihkan, tetapi tidak akan terkelupas. Menurut Dench, indikasi bagus jika pembersih Anda terlalu kuat adalah saat kulit terasa terlalu bersih dan Anda segera membutuhkan pelembab. Kulit Anda mengatakan bahwa Anda tidak menyukai pembersih khusus itu.

Jangan lakukan pengelupasan berlebih

Eksfoliasi atau pengelupasan itu penting, terutama seiring bertambahnya usia, karena kulit kita memang membutuhkan bantuan untuk menghilangkan lapisan permukaan penumpukan sel kulit mati.

Masalahnya, menurut Dench, kebanyakan perempuan cenderung melakukan pengelupasan berlebihan, dan seperti halnya pembersih Anda, yang menyebabkan pengupasan minyak dan kelembapan.

"Saya merekomendasikan pengelupasan dua kali seminggu dan menggunakan pengelupas berbasis enzim yang lembut, seperti enzim buah untuk mengelupas sel kulit mati."

Jangan pernah melewatkan serum

“Banyak perempuan yang sering bingung soal serum… Apakah saya butuh serum? Apa gunanya serum? Bagaimana serum bekerja? Itu adalah pertanyaan yang selalu saya tanyakan, ”kata Dench.

“Ya, Anda memang membutuhkan serum dan saya memberi tahu para wanita untuk memikirkan serum Anda seperti lebah pekerja. Tujuan serum Anda adalah untuk menuangkannya ke dalam kulit dan menargetkan masalah khusus kulit. "

Beberapa bahan serum yang harus dicari termasuk Vitamin C untuk hiperpigmentasi dan meredakan warna kulit; Peptida, yaitu asam amino yang menyediakan protein yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat dan membantu kulit kita dalam penyembuhan dan perbaikan; Vitamin A yang membantu dalam produksi dan pertumbuhan sel dan sangat ideal untuk anti penuaan (Vitamin A juga dikenal sebagai Retinoid atau Tretinoin).

Baca juga: Serum Wajah, Produk Skincare yang Penting Buat Kesehatan Kulit

Gunakan SPF selalu

Menurut Dench, tabir surya adalah sesuatu yang HARUS kita pakai dan gunakan kembali setiap hari. SPF adalah kunci untuk mencegah kulit menua. SPF melindungi kulit dari sinar UV yang merusak.

“Sering kali kita mendapatkan apa yang saya sebut 'paparan sinar matahari tidak disengaja' karena kita menjalankan tugas atau berjalan-jalan singkat saat istirahat makan siang tanpa menerapkan kembali SPF kita & lemburnya paparan kecil ini menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan,” jelasnya.

“Carilah tabir surya berbahan dasar mineral yang melindungi dari sinar UV dan biru karena cahaya dari ponsel cerdas dan komputer kita juga menyebabkan kerusakan pada kulit dan formulasi yang lebih baru dapat membantu melindungi kulit kita.”

Konsumsi makanan sehat

"Kulit adalah organ, yang berarti jika kita memasukkan makanan yang meradang ke dalam tubuh kita, itu mempengaruhi kulit kita," kata Dench. "Makanan seperti gluten, susu, gula, jagung, dan kedelai semuanya membuat peradangan di usus dan dapat menyebabkan masalah kesehatan atau penambahan berat badan."

Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda peradangan, seperti jerawat, rosacea, eksim, atau bahkan melasma, inilah saatnya memikirkan kembali makanan yang Anda makan.

Makan protein dan sayuran serta meminimalkan jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi akan membuat usus sehat dan lama kelamaan akan menunjukkan hasilnya pada kulit Anda.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Zuriat, Cegah Penuaan Dini dan Atasi Alergi

Minum banyak air

Menurut Natalia Sadowski, Ahli Estetika Medis Berlisensi, Terapis Perawatan Kulit, dan Direktur Estetika dan Pendidikan untuk NB Naturals, memastikan Anda minum cukup air adalah kunci untuk membuat kulit Anda terlihat jauh lebih muda dan lebih sehat.

“Air tidak hanya akan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, tetapi juga akan menjaga sistem tubuh Anda dalam kondisi optimal, yang pada gilirannya akan menjaga kesehatan kulit Anda,” jelasnya.

Tidur yang cukup

“Kurang tidur dapat berdampak serius pada kulit, dapat mengurangi produksi kolagen dan dapat membuat seseorang terlihat lebih tua,” kata Sadowski.

Untuk mencegah penuaan dini, Anda bisa memulai dengan aturan praktis, yakni dengan tidur setidaknya 8 hingga 9 jam setiap malam.

THE LADDERS