Hari Pendidikan Nasional 2021, Sri Mulyani: Wujudkan Merdeka Belajar

Sri Mulyani. Instagram/@smindrawati

ragam

Hari Pendidikan Nasional 2021, Sri Mulyani: Wujudkan Merdeka Belajar

Minggu, 2 Mei 2021 17:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei. Sejumlah kalangan mengucapkan selamat hari pendidikan nasional dan menyampaikan harapan mereka untuk dunia pendidikan Indonesia ke depannya. Salah satunya ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui akun Instagram-nya.

Di Hari Pendidikan Nasional 2021, menteri Sri Mulyani menyoroti tantangan dunia pendidikan tanah air di masa pandemi seperti proses belajar mengajar. Dulu kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di kelas, kini banyak dilakukan secara virtual.

"Perubahan akibat pandemi Covid-19 tidak mudah bagi siapa pun, termasuk dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar secara virtual. Bagi anak-anak, guru, maupun orang tua semua menghadapi tantangan ini," tulis Sri di keterangan Instagram.

Sri menambahkan dalam menghadapi perubahan yang luar biasa ini, kita semakin membuka mata dan menyadari betapa pentingnya peran pendidikan untuk dapat mengubah kemajuan dan peradaban bangsanya.

Baca juga: Hari Pendidikan Nasional, Chelsea Islan Bicara Perpustakaan

Ia lalu menyampaikan bahwa pemerintah pun bertekad mewujudkan reformasi struktural di bidang pendidikan. "Bersama Pemerintah, saya mengajak para guru, masyarakat terutama para orang tua, mari kita bergerak serentak wujudkan merdeka belajar," lanjutnya. 

Merdeka belajar adalah program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh menteri Nadiem Makarim pada 2019. Kini, ia menjabat Menteri Riset, Teknologi, Pendidikan dan Kebudayaan (Menristek/Dikbud).

Menurutnya, Merdeka Belajar saat anak-anak tidak lagi harus mengikuti kurikulum yang tersedia, namun bisa menggunakan metode belajar yang paling cocok digunakan. Kemerdekaan itu juga berlaku untuk para guru. Mereka bisa secara merdeka untuk memilih elemen-elemen dari kurikulum terbaik dan menentukan sendiri cara mengajar yang cocok untuk anak didiknya.

Di penghujung pesannya, Sri Mulyani mengajak kita semua untuk memelihara semangat belajar anak-anak.

"Terus pelihara semangat belajar anak-anak kita agar cita-citanya dapat terwujud. Tetap disiplin terapkan protokol kesehatan dalam seluruh aktivitas belajar mengajar!" Sri Mulyani menutup pesannya di Hari Pendidikan Nasional.

SILVY RIANA PUTRI | HALIDA BUNGA