Gaun Pengantin Putri Diana Akan Dipamerkan di Hadapan Publik

Meja kerja Putri Diana yang akan dipamerkan di Istana Buckingham musim pana ini. Pengunjung musim panas juga dapat melihat lebih dari 200 hadiah yang dihadirkan kepada Yang Mulia Ratu selama 65 tahun pemerintahannya. AP/Kirsty Wigglesworth

mode

Gaun Pengantin Putri Diana Akan Dipamerkan di Hadapan Publik

Selasa, 27 April 2021 23:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Gaun pengantin Putri Diana dipamerkan kepada publik lewat ekshibisi bertajuk "Royal Style in The Making" pada Juni 2021 mendatang di Kensington Palace. Pameran ini bisa terlaksana setelah dua putra mendiang Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry, meminjamkan gaun ini. 

Digunakan pada pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles pada tahun 1981 silam, gaun pengantin ini tercatat jadi yang paling ikonik dan dramatis. Bukan hanya karena digunakan oleh mendiang Lady Di, tapi panjang gaun yang mencapai lebih dari 7 meter itu hingga kini tercatat menjadi yang terpanjang sepanjang sejarah kerajaan Inggris. 

"Garis lehernya yang terangkat lembut dan lengannya yang besar dipangkas dengan busur dan kerutan taffeta yang dalam, gaya yang dipopulerkan oleh Putri pada awal 1980-an," kata Historic Royal Palaces (HRP) saat mengumumkan pameran pada Senin waktu setempat.

Gaun pengantin yang dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel ini bertatahkan payet dan renda antik Carrickmacross yang awalnya merupakan milik Ratu Mary, nenek buyut Diana. Dikutip dari People, Elizabeth Emanuel merasa tak sabar untuk melihat gaun ini lagi. 

"Ini akan seperti melihat seorang teman lama setelah bertahun-tahun," katanya. "Saya melihat gambar-gambar itu lagi hari ini dan saya tidak percaya berapa banyak payet yang kami jahit ke gaun itu. Ini akan menjadi pameran yang luar biasa."

Sang desainer menambahkan bahwa terakhir kali dia melihat gaun itu adalah ketika dipajang di rumah leluhur Diana, Althorp, dalam sebuah pameran yang dibuka pada Juli 1998 - hampir setahun setelah kematian sang Putri. 

Royal Style in the Making akan hadirkan beragam desain spektakuler

Pameran ini akan mengeksplorasi hubungan unik antara perancang busana dan klien kerajaan. Nantinya sejumlah potongan gaya bersejarah lainnya seperti toile langka yang masih ada untuk gaun penobatan ibu Ratu Elizabeth, Ibu Suri tahun 1937, juga akan dipamerkan.

Matthew Storey, kurator pameran di Historic Royal Palaces, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Pameran musim panas kami di Istana Kensington akan menyoroti beberapa bakat terbesar dari desain Inggris, yang karyanya telah berperan penting dalam membentuk identitas visual keluarga kerajaan sepanjang abad kedua puluh."

Ia melanjutkan, "kami akan mengeksplorasi bagaimana kemitraan antara setiap desainer dan klien dalam bekerja, dan mengungkap proses di balik pembuatan sejumlah komisi couture terpenting dalam sejarah kerajaan. Meskipun salah satu sorotannya tidak diragukan lagi adalah Diana, Gaun pengantin rancangan Princess of Wales yang menarik perhatian Emanuel, yang dipamerkan di istana untuk pertama kalinya dalam 25 tahun - kami punya kejutan nyata untuk para penggemar fesyen! "

Tampilan gaun pengantin akan mengawali periode perayaan di istana untuk menghormati mendiang putri. Pada bulan Juli, William dan Harry, akan meresmikan patung ibu mereka yang sangat ditunggu-tunggu di halaman istana. Putri Diana, yang meninggal pada 1997 setelah kecelakaan mobil di Paris, akan berusia 60 tahun pada 1 Juli.

Baca juga: Kate Middleton Pakai Kalung Mutiara Ratu Elizabeth ke Pemakaman Pangeran Philip

CNN | PEOPLE