Menu Buka Puasa: Nasi Masala Kari Udang India

Ilustrasi bumbu khas India. (Wikimedia Commons/Joe mon bkk)

kuliner

Menu Buka Puasa: Nasi Masala Kari Udang India

Selasa, 27 April 2021 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Resep masala kari udang adalah kuliner India yang beraroma adalah alasan yang tepat untuk menggunakan rak bumbu atau menambah koleksi bumbu Anda. Coba resep makanan khas India yang satu ini sebagai menu buka puasa Anda hari ini. Jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi basmati atau melati. 

Resep Masala Kari Udang India

Waktu Persiapan: 15 menitWaktu masak: 25 menitTotal Waktu: 40 menit

Bahan

3 sendok makan minyak sayur3 buah tomat, cincang1 sendok makan pasta bawang putih atau 5 siung bawang putih, haluskan menjadi pasta2 sendok makan jahe segar cincang1 jalapeno, biji dan tulang rusuk dibuang dan dicincang1/2 sendok teh bubuk ketumbar1/2 sendok teh kunyit1/2 sendok teh serpihan cabai merah tumbuk2 sendok teh bubuk jintan1/3 gelas air1 pon udang, kupas dan buang airnya1 sendok teh daun fenugreek1/2 sendok teh garam masala2 sendok teh chaat masala2 sendok makan jus lemonnasi basmati matang atau nasi melati, untuk penyajian

Cara membuatn:

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang-besar dan tambahkan tomat. Masak, aduk sampai matang dan menjadi kental, sekitar 10 menit.Tambahkan pasta bawang putih, jahe, jalapeno, ketumbar, kunyit, serpihan cabai merah yang dihancurkan, dan jintan. Masak, aduk sekitar 1 menit. Tuang ke dalam air dan didihkan. Masak hingga air hampir menguap.

Tambahkan udang tentang masak sekitar 3 sampai 5 menit atau sampai udang matang.

Tambahkan daun fenugreek, garam masala, chaat masala dan jus lemon. Aduk dan masak sekitar 1 menit. Bumbui dengan garam dan merica. Sajikan di atas nasi dan santap sebagai menu buka puasa Anda.

Baca juga: Resep Sehat untuk Menu Buka Puasa: Salad Ubi Jalar & Kembang Kol

30 SECONDS