Resep Takjil Rendah Gula Puding Almond dengan Fla, Pilihan untuk Pasien Diabetes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Takjil rendah gula Almond Fla Puding ala Chef Martin Praja/ Cantika-Mitra Tarigan

Takjil rendah gula Almond Fla Puding ala Chef Martin Praja/ Cantika-Mitra Tarigan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Rudy Kurniawan, mengatakan puasa di bulan Ramadan tidak hanya menuai pahala, namun juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan. "Namun, agar manfaat kesehatan dari puasa tetap terjaga dan semakin optimal, kita perlu memperhatikan pola makan sehat dengan memilih makanan dan minuman yang kaya nutrisi dan bervariasi untuk menu sahur dan buka puasa, serta tetap mempertahankan pola makan sehat ini setelah bulan puasa berakhir," katanya dalam acara melawan diabetes melalui kampanye tahunan #BeatDiabetes2024 by Tropicana Slim pada 23 Maret 2024.

Ia mengingatkan, jangan sampai perbaikan kondisi kesehatan tersebut hanya bersifat sementara karena pola makan dan gaya hidup yang kembali berubah.

Rudy mengungkapkan ada beragam opsi menu buka puasa yang disarankan, antara lain air putih, susu; buah dan sayur; menu sup dengan kacang-kacangan atau kaldu. Secara keseluruhan, juga tetap perlu mempertimbangkan porsi makan dan juga kandungan gula agar tidak berlebihan dan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. "Bagi diabetesi, menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal selama berpuasa sangat penting agar diabetesi bisa berpuasa tanpa gangguan dan untuk mencegah berbagai macam komplikasi kesehatan,” katanya. 

Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim mengatakan masyarakat Indonesia masih terbiasa dengan takjil yang tinggi kandungan gula. "Padahal, takjil bisa tetap manis dan bernutrisi, tanpa gula yang belebihan," katanya. 

Melalui cooking demo dan kompetisi kreasi takjil, Tropicana Slim ingin membagikan inspirasi menu takjil yang tetap nikmat, manis, dan bebas gula pasir sehingga dapat menjadi pilihan takjil yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya diabetesi.

Chef Martin Natadipraja alias Chef Martin Praja, pun membuat kreasi resep takjil rendah gula Puding Almond Fla. “Sembari kita menjaga hati dan pikiran, jangan lupa juga untuk menjaga kadar gula darah. Mari kita sajikan hidangan yang manis namun tetap terkontrol kandungan gulanya bagi keluarga tercinta. Jaga hati, jaga pikiran, jaga juga kadar gula darahnya,” kata Chef Martin Praja.

Simak resep takjil rendah gula Puding almond dengan fla ala Chef Martin Praja.

Bahan-bahan:

3 kotak atau sekitar 700 ml susu almond rasa coklat

4 sendok makan (sdm) tepung maizena

1 bungkus agar-agar

2 butir telur, ambil kuning telurnya

1 sdm susu kental manis

Esens vanila esens (opsional)

Cara membuat:

1. Masukkan susu almond coklat, tepung maizena, agar-agar dan 2 butir kuning telur ke dalam panci tanpa api. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak menggumpal.

2. Setelah adonan tercampur rata, nyalakan api sedang, sambil diaduk hingga mendidih. Untuk mengurangi aroma telur, tambahkan sedikit vanila esens. Tips memasak, masak adonan jangan sampai terlalu panas agar telur tidak matang.

3. Setelah mendidih dan mengental, segera matikan api dan pindahkan donan puding ke cetakan. Simpan sampai mencapai suhu ruang, setelah itu masukkan ke kulkas.

4. Setelah puding mengeras, beri taburan sesuai selera, misalnya kental manis rendah gula, granola, daun mint dan buah-buahan.

Pilihan Editor: Cocok untuk Menu Buka Puasa, Ini Resep Takjil Rendah Gula Peach Lychee Sagoo

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."