Ayo Diadu, Kalori Nasi Putih vs Nasi Merah, Mana yang Jadi Juaranya?

Ilustrasi nasi putih. Freepik.com/xb100

kesehatan

Ayo Diadu, Kalori Nasi Putih vs Nasi Merah, Mana yang Jadi Juaranya?

Rabu, 14 April 2021 00:53 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Sudah jamak orang membandingkan dua jenis nasi, nasi putih dan nasi merah. Salah satu cara mudah untuk membandingkannya adalah melihat nilai kalori di dalamnya.

Pada dasarnya, kedua jenis makanan pokok ini memiliki kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang berbeda. Jadi, tidak ada salahnya mencari dan memilih yang terbaik untuk tubuh kita.

Nasi putih

Ini adalah rincian nutrisi untuk satu cangkir (158 g) nasi putih yang dimasak, seperti dikutip dari The Healthy.

Lemak: 0,4 gKalori: 205Natrium: 1,6 mgKarbohidrat: 45 gSerat makanan: 0,6 gProtein: 4,3 gKalsium: 15,8 mgBesi: 1,9 mgMagnesium: 19 mg

Nasi merah

Beras merah memiliki lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dibandingkan nasi putih. Ini adalah rincian nutrisi untuk satu cangkir (202 g) nasi merah yang dimasak.

Lemak: 1,9 gKalori: 248Natrium: 8 mgKarbohidrat: 52 gSerat makanan: 3,2 gProtein: 5,5 gKalsium: 6 gBesi: 1 gMagnesium: 7,8 mg

Jika dilihat dari nilai kalorinya, kedua jenis nasi itu tidak jauh berbeda. Tapi, nasi merah merah memiliki lebih banyak serat dan antioksidan, serta lebih banyak vitamin dan mineral penting. Sementara, Nasi putih sebagian besar merupakan sumber kalori dan karbohidrat "kosong" dengan sedikit nutrisi penting.

Apakah benar nasi merah lebih sehat dari nasi putih?

Nasi merah mengandung magnesium dan serat yang tinggi, keduanya membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa makan biji-bijian secara teratur, seperti beras merah, membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian, yang dimuat di jurnal Diabetes Care (2006), wanita yang sering makan biji-bijian memiliki risiko 31% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan biji-bijian paling sedikit.

Mengganti nasi putih dengan nasi merah juga telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Di sisi lain, konsumsi nasi putih yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes.

Nah, jika dihitung dan dibandingkan nilai kalori nasi putih tidak jauh berbeda dengan kalori nasi merah. Akan tetapi, nasi merah umumnya lebih bergizi dibandingkan nasi putih. Hal itu karena nasi merah tinggi serat, magnesium, dan nutrisi lainnya dibandingkan dengan nasi putih.

Baca juga: Kalori Nasi Putih Tinggi, Tapi Tak Selalu Berarti Bikin Gemuk

HEALTHLINE | MEDICAL NEWS TODAY | THE HEALTHY