6 Penyebab Kulit Kusam, Selain Kurang Tidur

Ada banyak penyebab kulit kusam, termasuk dehidrasi dan penuaan. (Pexels/Sora Shimazaki)

kecantikan

6 Penyebab Kulit Kusam, Selain Kurang Tidur

Rabu, 14 April 2021 00:42 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernah merasa kulit Anda terlihat sedikit kurang bersinar dan kusam? Ada beberapa hal yang jadi penyebab kulit kusam. Salah satunya adalah karena tidur malam yang tidak nyenyak.

Anda mungkin dapat membayangkan seperti apa kulit kusam itu tetapi istilah itu sendiri sebenarnya adalah "istilah umum yang menjelaskan kulit yang kusam, tidak cerah, dan tidak rata," kata Claire Chang, MD, dokter kulit di Union Square Dermatology di NYC, dikutip dari Womens Health Mag. "Ini dapat disebabkan oleh sejumlah alasan berbeda dan mengetahui penyebabnya adalah langkah pertama dalam mengambil tindakan untuk memulihkan kulit yang lebih bercahaya dan bercahaya."

Apa penyebab kulit kusam? Kulit Anda adalah organ terbesar tubuh. Jadi, masuk akal jika ada kalanya kulit Anda tampak agak kurang sehat. Triknya adalah mencari tahu mengapa dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya.

1. Dehidrasi

Jika Anda kurang minum air, kemungkinan akan memengaruhi penampilan kulit Anda. Faktanya, satu studi tahun 2015 menemukan hubungan yang kuat antara minum cukup air dan memiliki kulit yang sehat.

Minum banyak air akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit Anda. Selain itu, mengoleskan serum wajah yang menghidrasi dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Dehidrasi, Tergantung Usia dan Tingkat Keparahannya

2. Kekurangan pelembab

Menghemat pelembab, terutama jika kulit Anda cenderung kering, dapat memengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit Anda. Menggunakan pelembab dua kali sehari dapat membantu melembabkan kulit Anda dan melindungi lapisan atas yang halus.

3. Penumpukan sel kulit mati

Kulit Anda secara alami melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk membuka jalan bagi sel-sel baru. Namun terkadang sel-sel mati tidak terlepas sebagaimana mestinya. Sebaliknya, mereka membangun permukaan kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan tidak merata.

4. Kekeringan

Kulit kering dapat dengan cepat terlihat kusam dan tidak bernyawa. Hal ini terutama berlaku selama bulan-bulan musim dingin, saat udara dingin dan kering, atau jika Anda tinggal di iklim dengan kelembapan yang sangat rendah.

5. Penggunaan tembakau

Menurut tinjauan 2010, merokok merupakan faktor lingkungan yang penting dalam penuaan kulit dini.

Ulasan tersebut menemukan bahwa merokok dapat mengganggu produksi kolagen dan menurunkan serat elastis dan jaringan ikat di kulit Anda. Itu juga dapat meningkatkan stres oksidatif di sel-sel kulit Anda. Semua ini dapat mempercepat proses penuaan dan berkontribusi pada kulit yang tampak kusam.

6. Penuaan

Penuaan adalah bagian hidup yang tak terhindarkan. Begitu juga dengan penuaan kulit. Dan meskipun Anda tidak dapat mengontrol proses penuaan, Anda dapat menerapkan rutinitas perawatan kulit yang membantu memberikan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan kulit Anda agar tetap sehat dan bersemangat.

Baca juga: Posisi Tidur Ini Disarankan untuk Cegah Jerawat dan Kulit Kusam

WOMEN'S HEALTH | HEALTHLINE