Berapa Kali Sebaiknya Olahraga dalam Seminggu untuk Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi seorang wanita olahraga di rumah. Unsplash.com/Jonathan Borba

kesehatan

Berapa Kali Sebaiknya Olahraga dalam Seminggu untuk Menurunkan Berat Badan?

Kamis, 8 April 2021 09:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutin berolahraga banyak manfaatnya untuk tubuh dan mental. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan mengurangi risiko penyakit. Olahraga juga salah satu cara menurunkan berat badan. Tapi harus seberapa sering berolahraga dalam seminggu?

Hal itu tergantung pada tujuan kebugaran, riwayat kesehatan danintensitas olahraga, serta rutinitas Anda.

Jika tujuan Anda adalah untuk tetap sehat dan bugar, Anda dapat memilih olahraga atau aktivitas fisik yang Anda sukai. 

Anda dapat berolahraga selama 30 menit atau latihan interval intensitas tinggi alias HIIT cepat selama 15 menit. Bahkan berjalan kaki atau jogging selama 30 menit sehari akan membantu Anda tetap sehat.

Cobalah untuk konsisten dengan rutinitas Anda. Ini dapat membantu meningkatkan suasana hati, memperbaiki postur tubuh, dan juga meningkatkan daya tahan. Ketika kita berbicara secara khusus tentang gym, maka dua hari latihan kekuatan dan dua hari kardio sudah lebih dari cukup untuk tetap sehat.

Bila tujuannya untuk menurunkan berat badan, Anda harus lebih konsisten dan merencanakan rutinitas latihan. Anda bisa mulai dengan berolahraga tiga kali dan kemudian setelah sebulan ditingkatkan menjadi 5 kali dalam seminggu.

Rutinitas latihan yang disarankan latihan kardio dan latihan kekuatan. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak kalori yang bisa dicapai lewat latihan yang intens.

Orang dewasa yang dalam kondisi sehat harus melakukan latihan intens selama 150 menit dan latihan intensitas sedang selama 300 menit setiap minggu. Saat mencoba menurunkan berat badan, cobalah memasukkan latihan kardio dan kekuatan dalam rutinitas Anda.

Baca juga: 5 Alat Latihan Berat DIY, Bisa Bantu Olahraga di Rumah Sehari-hari

Jika Anda ingin membentuk otot, berolahraga 4 hingga 5 hari dalam seminggu sudah lebih dari cukup. Namun, rutinitas latihan akan sangat berbeda dari mereka yang mencoba menurunkan berat badan. Jika Anda ingin mendapatkan struktur otot, lebih fokuslah pada mengangkat beban. Tetapi ini tidak berarti bahwa Anda harus menghentikan latihan kardio sepenuhnya. Memompa zat besi dapat membantu Anda mengencangkan otot dan memperkuat tulang.

Cobalah untuk menambah jumlah pengulangan dengan membawa beban yang lebih ringan. Ini dapat membantu membangun daya tahan, membakar lemak, dan membangun otot. Berolahraga selama 40 hingga 50 menit, 4 hingga 5 hari seminggu sudah cukup bagi orang yang mencoba membangun otot.

Selain olahraga, ada banyak hal yang dapat memengaruhi tujuan kebugaran Anda seperti metabolisme, pola makan, dan cukup tidur. Jangan lupa lakukan peningkatan intensitas olahraga secara bertahap sesuai kondisi tubuh Anda.

Baca juga: 6 Olahraga yang Bisa Jadi Pilihan Para Penderita Penyakit Asma 

TIMES OF INDIA