5 Alat Latihan Berat DIY, Bisa Bantu Anda Olahraga di Rumah Sehari-hari

Potret Marilyn Monroe saat berolahraga dengan mengangkat barbel pada 1952. Saat itu, Marilyn Monroe masih berusia 26 tahun. boredpanda.com

kesehatan

5 Alat Latihan Berat DIY, Bisa Bantu Anda Olahraga di Rumah Sehari-hari

Selasa, 6 April 2021 22:56 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan mempelajari cara membuat beban di rumah menggunakan bahan murah, yang sebagian besar sudah Anda miliki, Anda bisa melakukan olahraga di rumah tanpa menghabiskan banyak uang.

Ada berbagai macam bobot DIY, termasuk pengganti dumbell, cara membuat karung pasir sendiri, menyusun barbel, membuat medicine ball DIY, membuat beban pergelangan kaki, dan menemukan alternatif untuk kettlebell. Semuanya adalah proyek sederhana dan cepat yang akan membuat Anda bekerja dalam waktu singkat.

Dumbbell

Anda bisa membuat dumbbell di rumah dengan sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari sesuatu yang cukup berat sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai beban. Berikut beberapa ide yang dapat Anda gunakan:

  • Botol air
  • Makanan kaleng
  • Makanan toples
  • Galon air atau susu
  • Deterjen

Sebelum Anda menggunakan salah satu dari ini sebagai pemberat, pastikan semuanya disegel dengan benar atau tangan Anda mungkin akan berantakan.

Karung pasir

Sangat mudah untuk membuat pemberat karung pasir Anda sendiri untuk sebuah latihan. Anda bisa memilih kantong liner untuk memasukkan pasir. Pastikan Anda dapat menutup sepenuhnya tanpa bocornya pasir. Idealnya, ini juga tahan air. Anda dapat menggunakan karung pasir asli yang digunakan untuk banjir atau ban dalam dari ban mobil. Anda juga dapat menggunakan kantong sampah atau kantong freezer berritsleting, tetapi ini harus dilapisi tiga lapis untuk melindungi Anda dari kebocoran.

Setelah Anda memilih tas liner, inilah waktunya untuk mengisinya. Pastikan Anda memberi ruang di atas untuk menghirup udara sehingga pasir bisa bergerak. Gunakan lakban untuk mengamankan celah atau keliman.

Sekarang setelah lapisan Anda terisi, saatnya memasukkannya ke dalam kantong luar. Anda dapat menggunakan tas ransel, tas militer berlebih, atau tas tugas berat apa pun. Jangan ragu untuk mengencangkannya lebih jauh dengan lebih banyak lakban.

Barbel

Anda dapat membuat barbel DIY hanya dengan beberapa barang dari sekitar rumah Anda. Gunakan tiang logam (seperti dari pel debu dengan kepala yang bisa dilepas) atau tongkat bambu, lalu letakkan wadah galon plastik di kedua sisinya. Anda dapat mengisinya dengan air atau sesuatu yang lebih berat seperti pasir atau kerikil kacang jika Anda menginginkan tantangan tambahan. Agar kendi tidak bergeser, saat latihan angkat barbel, ikat kaus kaki di kedua sisi pegangannya.

Kettlebells

Kettlebell adalah pilihan pemberat di rumah yang populer bagi mereka yang mencari sesuatu yang berbeda dari pemberat tangan standar. Anda dapat menggunakan bola dan beton untuk membuat kettlebell buatan Anda sendiri atau cukup temukan barang dengan berat dan ukuran yang sama dengan kettlebell. Berikut beberapa barang yang mungkin Anda miliki di rumah yang dapat Anda gunakan.

  • Teko deterjen laundry
  • Kendi susu atau air
  • Kaleng cat
  • Kaleng gas

Anda juga bisa mendapatkan tas ransel atau gym dan mengisinya dengan barang-barang berat agar sesuai dengan berat yang diinginkan. Persingkat talinya dan ikat menjadi satu jika Anda ingin membuat satu pegangan pendek. Gunakan seperti Anda menggunakan kettlebell.

Bobot Pergelangan Kaki

Hanya dalam waktu beberapa menit, Anda memiliki beberapa beban pergelangan kaki buatan sendiri. Isi kaus kaki dengan pasir sampai Anda mendapatkannya seberat yang Anda inginkan, lalu letakkan kaus kaki itu rata untuk meratakan pasir. Lipat bukaan kaus kaki dan lakban hingga tertutup. Ikat setiap ujung dengan satu tali sepatu sehingga Anda memiliki sesuatu untuk diikat di sekitar pergelangan kaki Anda. Ulangi dengan kaus kaki kedua untuk membuat sepasang.

Jika Anda tahu cara menjahit, Anda dapat dengan mudah menjahit beban pergelangan kaki atau pergelangan tangan Anda sendiri.

Itu tadi cara membuat alat latihan berat untuk olahraga di rumah. Pilih bahan yang tidak berbahaya agar aman Anda gunakan sehari-hari. 

Baca juga: Manfaat Plank untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya dengan Benar

THE SPURCE