4 Makanan Protein yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Saat menurunkan berat badan, perhatikan pula kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh. (Foto: Canva)

kesehatan

4 Makanan Protein yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Rabu, 7 April 2021 23:34 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Diet seimbang untuk menurunkan berat badan adalah diet yang menggabungkan berbagai lemak sehat, protein, dan karbohidrat untuk memberi bahan bakar pada tubuh tanpa menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan sebagai cara menurunkan berat badan.

Protein adalah salah satu makanan utama yang harus diprioritaskan dalam diet apapun karena dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda, membuat Anda kenyang lebih lama, dan memberi makan otot Anda untuk tumbuh lebih kuat sambil membakar lemak.

She Finds merangkum 4 bahan makanan mengandung protein yang mampu membantu kamu menurunkan berat badan.

Ikan

Dikemas dengan omega-3 dan berbagai vitamin, ikan adalah sumber protein yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari Healthline, sebagian besar ikan berdaging putih adalah sumber protein super tanpa lemak dan sangat baik, menyediakan di bawah 3 gram lemak, sekitar 20-25 gram protein dan 85–130 kalori per 3,5 ons (100 gram) sajian yang dimasak tanpa lemak. Namun, ikan tidak boleh dimakan setiap hari karena mengandung merkuri dalam jumlah besar yang berpotensi berbahaya bagi tubuh, jadi menyimpannya dua kali seminggu akan memberi Anda hasil terbaik.

Kacang-kacangan & Lentils

Jika Anda mencari sumber protein nabati, miju-miju dan kacang-kacangan dapat memberikan banyak nutrisi tanpa bergantung pada daging dalam makanan Anda. Lentil menawarkan sekitar 116 kalori dan 9g protein per 100g, sedangkan kacang lima mengandung 21g protein per 100g yang dimasak. Selain itu, kacang hitam menjadi sumber protein yang bagus untuk salad taco dan bahkan resep cabai jika Anda memilih untuk tidak makan daging.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Kalori per Hari

Dada ayam

Ayam adalah sumber protein tanpa lemak yang ideal, menjadikannya makanan pokok yang sempurna untuk rencana makan penurunan berat badan Anda. Menurut Healthline, bagian dada adalah bagian paling ramping. Tiga ons (85 gram) dada ayam panggang tanpa kulit akan memberi Anda sekitar 27 gram protein dan 140 kalori.

Dada ayam rendah kalori dan tinggi protein. Jika Anda menggabungkan ayam dengan sayuran dan sumber karbohidrat kompleks ke dalam diet, Anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah.

Tahu

Sumber protein lain yang tidak bergantung pada produk hewani, tahu sangat bagus untuk pola makan nabati dan karnivora. Verywell Fit menjelaskan bahwa tahu adalah sumber protein yang sangat baik, dengan 14 gram per porsi. Tahu adalah protein lengkap (artinya mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh makanan), maka bahan makanan ini dapat digunakan sebagai pengganti dalam resep yang membutuhkan daging.

Bahan utama dalam tahu adalah kedelai yang merupakan alergen umum, jadi pilihlah kacang-kacangan jika ini masalahnya. Namun, sumber protein rendah kalori ini dapat digunakan dalam berbagai makanan dan mudah dihancurkan, dipanggang, dan bahkan dilapisi tepung roti untuk mengisi tempat daging dalam makanan Anda dengan banyak manfaat penurunan berat badan yang sama.

Baca juga: Diet Keto Tinggi Protein, Apa Efek Sampingnya?

SHE FINDS | HEALTHLINE | VERYWELL FIT