5 Cara Menata Ruang Olahraga di Rumah, Jangan Lupa Pasang Cermin

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

ragam

5 Cara Menata Ruang Olahraga di Rumah, Jangan Lupa Pasang Cermin

Rabu, 7 April 2021 17:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi Covid-19 belum berakhir. Jaga jarak dan cegah kerumunan termasuk protokol kesehatan guna cegah penyebaran Covid-19. Jika Anda dilanda was-was saat olahraga bersama orang lain di pusat kebugaran, tak ada salahnya mencoba alternatif menciptakan ruang olahraga di rumah. Jadi, Anda bisa bebas berolahraga di antara keluarga atau bahkan bisa olahraga bersama.

Apa saja syarat yang dibutuhkan? Ruang yang bisa memuat peralatan olahraga yang Anda butuhkan. Jangan terjebak memilih peralatan olahraga yang sedang tren atau yang difavoritkan teman. Pilihlah peralatan olahraga yang dibutuhkan sesuai kesehatan tubuh Anda dan sanggup memakainya. Yuk, simak tips selengkapnya saat menata ruang olahraga di rumah melansir laman Pink Villa, Rabu, 7 April 2021.

1. Tentukan ruang

Langkah pertama untuk menyiapkan ruang olahraga di rumah adalah menentukan ruang yang memadai untuk itu! Anda membutuhkan ruang yang cukup luas untuk menggerakkan tubuh dan menyimpan peralatan tanpa harus khawatir terbentur furnitur saat olahraga.

Selain itu, perhatikan sirkulasi udara yang baik. Lebih baik ruangan tersebut memiliki jendela untuk memastikan kesegaran udara saat latihan.

2. Alat-alat olahraga 

Setelah Anda menentukan ruang untuk berolahraga di rumah, sekarang saatnya untuk menyiapkan peralatan olahraga. Saat memilih atau membeli peralatan olahraga, perhatikan kebutuhan Anda dan jangan berlebihan. Tahan keinginan untuk terpesona oleh peralatan yang tampak mewah dan hanya membeli yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. 

3. Memasang cermin

Pertimbangkan pula memasang cermin di ruangan olahraga. Kehadiran cermin itu membantu Anda memastikan gerakan dan postur yang benar saat berolahraga. Cermin juga bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas jika ruangan olahraga Anda berukuran minimalis.

Selain cermin, tak ada salahnya memasang dekorasi gambar atau kata-kata bijak yang bisa menyemangati Anda saat olahraga.

4. Tata peralatan yang tidak menghambat gerakan olahraga

Karena peralatan olahraga tidak diragukan lagi berat dan memakan banyak ruang, maka menatalah dengan cermat. Ada baiknya kamu menggambar susunan terlebih dahulu di kertas sambil membayangkan gerakan-gerakan olahraga yang Anda lalukan. Cermatlah dalam menata peralatan olahraga. 

Jangan lupa berikan ruang bagi Anda untuk berolahraga dan meregangkan tubuh tanpa harus repot-repot memindahkan barang. Oiya, pastikan Anda menyiapkan rak untuk menyimpan peralatan olahraga dan sepatu.

5.  Berolahraga setiap hari

Usahakan untuk memanfaatkan ruang olahraga setiap hari. Itu merupakan salah satu cara melawan godaan untuk melewatkan latihan hanya karena Anda di rumah dan tidak ada orang yang memantau Anda. Buatlah rutinitas dan patuhi, tetap bugar dan aktif, dan manfaatkan ruang olahraga di rumah sepenuhnya.

Baca juga:

5 Alat Latihan Berat DIY, Bisa Bantu Anda Olahraga di Rumah Sehari-hari