Operasi Angkat Kantong Empedu, Aliya Rajasa: Mimpi Memo Jelang Operasi

Dalam unggahan foto Instagram, Rabu, 7 April 2021, Aliya Rajasa mengabarkan dirinya usai menjalani operasi pengangkatan kantong empedu. Instagram/@ruby_26

ragam

Operasi Angkat Kantong Empedu, Aliya Rajasa: Mimpi Memo Jelang Operasi

Rabu, 7 April 2021 12:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari publik figur Aliya Rajasa. Istri Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas ini mengabarkan menjalani operasi pengangkatan kantong empedu pada Selasa kemarin, 6 April 2021. Di beberapa unggahan Instagram sebelumnya, ia tampak baik-baik saja saat membagikan foto kondangan bersama Ibas di akhir pekan silam dan pergi ke curug bersama Ibas serta ketiga anak mereka pada Jumat lalu.

"Alhamdulillaah ala kulli hal kemarin saya harus menjalankan operasi pengangkatan kandung/kantong empedu karena sudah bengkak oleh batu," tulisnya di keterangan Instagram, Rabu, 7 April 2021.

Melansir Mayo Clinic, kantong empedu adalah organ berukuran kecil menyerupai buah pir dan letaknya di bawah organ hati. Kantong ini memproduksi dan menyimpan cairan empedu yang berperan penting dalam proses pencernaan, termasuk mencerna kolesterol yang terkandung di dalam makanan. Sebagian besar batu empedu disebabkan endapan kolesterol yang mengeras lalu membentuk batu.

Dalam unggahan itu, Aliya membagikan delapan slide foto selama berada di rumah sakit. Di slide foto pertama, ia tampak memakai pelindung rambut atau haircap warna hijau sambil menggengam tangan suaminya, Ibas terlihat memakai baju pelindung operasi warna hijau dan memakai dua masker, masker bedah lalu masker kain.

Di unggahan foto selanjutnya, Aliya membagikan kebersamaan dengan keluarga dan dokter di kamar perawatannya. Ayahnya, Hatta Rajasa, dan adiknya, Azima Rajasa, tampak turut hadir mendampinginya.

Aliya lalu menjelaskan sejumlah faktor yang bisa menyebabkan kantong empedu membengkak. 

"Mungkin karena faktor turunan atau mungkin karena makanan, namun statistik menyatakan kasus ini sering ditemukan pada profil 4F: female, fourty, fat, fertile. Walau saya tidak sepenuhnya sesuai dengan ciri tadi namun qadarullah ini semua terjadi hingga harus diangkat empedunya," tutur ibu tiga anak itu.

Baca juga: Berfoto dengan Ketiga Anaknya, Aliya Rajasa: Berjuang Terus Anak-anakku

Ia lalu mengungkapkan akan mengubah pola makannya sebab sudah tidak memiliki kantong empedu atau gallbladder. "Bismillaah semoga dilancarkan semua proses pemulihannya mohon doanya teman-teman.. semoga kita semua sehat panjang umurnya diberikan nikmat usia yang barokah untuk terus menimba ilmu dan memperbanyak amal ibadah... Amiin YRA," imbuhnya.

Aliya kemudian mengajak netizen untuk berbagi cerita dan tips yang punya pengalaman yang sama seperti dirinya. Di penutup ceritanya, Aliya mengungkapkan ia bermimpi ibu mertuanya, Ani Yudhoyono, yang akrab disapa memo menjelang operasi.

"Terima kasih memo yang hadir di mimpiku di malam menjelang operasi., menjadi kekuatan tersendiri bagiku dan mas Ibas pada saat menjalankan operasi..Alfatihah utk memo tercinta," ucap perempuan 34 tahun itu.

Unggahan Aliya dua jam lalu ini dibanjiri doa cepat pulih dari sejumlah selebriti.

"Sehat sehat sehat mamiya (emoji wajah mengecup dengan dua hati merah)," tulis presenter Ayu Dewi. "Diangkat penyakitnya karo gusti Allah mbakk, semangat sehat," doa penyanyi Krisdayanti. 

Aliya Rajasa tampak belum merespons satu pun komentar doa dan semangat untuk kesembuhannya yang diberikan netizen. Di keterangan unggahannya, ia tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan keluarga tercinta, termasuk kakak iparnya, Annisa Yudhoyono.

Baca juga:

Annisa Pohan Pamer Foto 10 Tahun Lalu, Aliya Rajasa: Serasa Mimpi