Resep Saus Salad Basil, Pelengkap Menu Makanan Sehat yang Mudah Dibuat

Ilustrasi Basil. (Pexels/Asya Vlasova)

kuliner

Resep Saus Salad Basil, Pelengkap Menu Makanan Sehat yang Mudah Dibuat

Senin, 5 April 2021 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda ingin menikmati makanan atau salad dengan variasi bumbu yang berbeda? Resep saus salad basil tiga bahan ini mudah dan enak. Gunakan sebagai saus atau saus untuk ayam, ikan, dan menu makanan sehat lainnya. Anda dapat membuatnya dalam waktu kurang dari lima menit dan menggunakannya untuk semua hal sepanjang minggu.

Resep Saus Salad Basil

Bahan:

  • 1/3 gelas daun basil
  • 3 sendok makan cuka balsamik putih
  • 4 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat:

Campurkan semua bahan dalam blender atau food processor.Tambahkan garam dan merica secukupnya.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Soal Minyak Zaitun, Perhatikan Titik Panas

Manfaat Kesehatan Basil

Basil mengandung banyak vitamin dan mineral, serta antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Banyak manfaat kesehatan basil berasal dari antioksidan ini, serta minyak esensial di dalamnya. Senyawa ini sebagian besar hilang selama proses pengeringan, jadi pilihlah basil segar apabila memungkinkan untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Basil dapat memberikan manfaat kesehatan dalam makanan, sebagai obat herbal, dan sebagai minyak esensial. Basil juga biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional, termasuk pengobatan gigitan ular, pilek, dan peradangan di dalam saluran hidung - efek umum dari pilek, misalnya.

Wanita terkadang menggunakan kemangi sebelum dan setelah melahirkan untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan juga untuk memulai aliran ASI. Beberapa orang menggunakannya sebagai obat kumur. Dalam makanan, kemangi digunakan sebagai penyedap rasa.

Basil menyediakan beberapa makronutrien, seperti kalsium dan vitamin K, serta berbagai antioksidan. Basil manis misalnya, memiliki konsentrasi zat kimia eugenol yang tinggi. Ini memberikan aroma seperti cengkeh. Jeruk nipis dan kemangi lemon memiliki konsentrasi limonene yang tinggi, yang memberikan aroma seperti jeruk. Baik eugenol dan limonene memiliki sifat antioksidan.

Memasukkan basil dalam menu makanan sehat yang bervariasi dapat memberikan manfaat. Namun, penelitian tentang manfaat obat dari basil berfokus terutama pada ekstrak daripada menambahkan ramuan tersebut ke dalam makanan. 

Baca juga: Bikin Salad Pakai Sayur yang Berlubang, Itu Pilihan Tepat

30 SECONDS | MEDICAL NEWS TODAY | HEALTHLINE