Ikon Fashion Australia Carla Zampatti Meninggal Dunia

Carla adalah perancang busana Australia yang paling sukses dan bertahan lama, meluncurkan label eponimnya pada tahun 1965. Carla telah lama terkenal karena membuat wanita Australia merasa percaya diri dan elegan melalui desainnya yang luar biasa, penjahitan, dan pemahamannya tentang wanita modern. (Instagram/carlazampatti)

mode

Ikon Fashion Australia Carla Zampatti Meninggal Dunia

Senin, 5 April 2021 06:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ikon fashion Australia Carla Zampatti tutup usia di usia 78 tahun setelah terjatuh di Sydney, Sabtu (3/4). Sebelumnya Carla dikenal dari rancangan yang elegan dan usahanya memberdayakan perempuan selama lebih dari setengah abad.

Sebelumnya, Carla sempat diopname di rumah sakit pekan lalu setelah jatuh di acara opera.

Aktris Nicole Kidman dan Cate Blanchett, serta mantan perdana menteri Julia Gillard adalah sebagian orang berpengaruh di Australia yang mengenakan rancangan Carla Zampatti.

"Dia terus berkembang sebagai pengusaha melalui perubahan radikal dan sosial yang sangat besar, merancang pakaian untuk perempuan yang berjuang untuk pembebasan melalui gerakan hak-hak perempuan pada tahun 1960-an untuk memberdayakan wanita saat ini," kata keluarga dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters pada Minggu.

Pada awal 1970-an, Zampatti jadi salah satu perancang yang memperkenalkan pakaian renang dalam koleksinya di masyarakat Australia yang kalau itu masih konservatif.

Lahir di Italia pada 1942, sebelum keluarganya pindah ke Australia pada 1950, Zampatti memproduksi koleksi busana pertamanya pada 1965 sebelum mendirikan Carla Zampatti Pty Ltd lima tahun kemudian.

"Sungguh menakjubkan apa yang dapat Anda lakukan dengan optimisme masa muda yang luar biasa dan uang yang sangat sedikit," kata Zampatti kepada Australian Associated Press pada 2009.

"Kita telah kehilangan seorang Australia yang benar-benar hebat dan inspiratif," kata Perdana Menteri Scott Morrison dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa kontribusi Zampatti terhadap negara tak lekang dimakan waktu, sama seperti rancangannya.

Baca juga: Ralph Lauren Hadirkan Nuansa Hollywood Lewat Fashion Show Virtual