5 Film Romantis Indonesia, dari AADC Hingga Dilan 1990

Bintang film Dilan 1990, Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan. Tabloidbintang.com

ragam

5 Film Romantis Indonesia, dari AADC Hingga Dilan 1990

Jumat, 2 April 2021 17:31 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaFilm romantis Indonesia tidak kalah serunya dengan drama dari Korea Selatan. Kalau kamu tahu penyuka drama dari negeri gingseng itu tentu tidak asing dengan My Sassy Girl (2001), More Than Blue (2009), The Beauty Inside (2015), Like for Likes (2016), Moonlit Winter (2019), Tune In for Love (2019) hingga Crazy Romance (2019). Film-film romantis itu berhasil mengelola beragam emosi manusia seperti bahagia, kecewa, dan sedih. Dan tentunya, love, love, love.

Baca juga: 5 Drama Korea Terpopuler di Netflix, "Start Up" Juara di Indonesia

Memang benar, film romantis biasanya membuat kisah cinta atau mencari cinta yang kuat dan murni dan asmara menjadi fokus dari alur utama. Kadang-kadang, pecinta asmara menghadapi rintangan seperti keuangan, penyakit fisik, berbagai bentuk diskriminasi, pembatasan psikologis atau keluarga yang mengancam untuk memutuskan hubungan cinta mereka. 

Drama kompleks bagaimana hubungan cukup kuat, dalam, dan dekat, ketegangan sehari-hari hidup, godaan (perselingkuhan), dan segala perbedaannya membuat alur film tidak pernah usang menggoda orang untuk menontonnya.

Tapi, nggak hanya drama dari Korea Selatan yang punya itu loh. Film Indonesia juga punya segudang film romantis yang patut untuk ditonton. 

1. Ada Apa Dengan Cinta (2002)

Banyak orang tidak akan menolak dan menentang, kalau film ini pantas menjadi film Indonesia romantis terbaik sepanjang masa

Ceritanya sederhana dan sangat khas remaja SMA. Seorang gadis populer di sekolah bernama Cinta (Dian Sastrowardoyo) harus memilih apakah dia ingin tetap menjadi bagian dari gengnya atau jatuh cinta pada bocah lelaki penyuka sastra di sekolahnya, bernama Rangga (Nicholas Saputra).

Di akhir film, Rangga harus pindah ke Amerika Serikat bersama ayahnya. Sebelum pergi, Rangga memberikan puisi berjudul "Ada Apa dengan Cinta?" dan ia berjanji akan kembali di saat bulan purnama tiba. Film ini ada sekuelnya loh, Ada Apa Dengan Cinta (2016), 14 tahun setelah percintaan mereka kandas.

2. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Ayat-Ayat Cinta berkisah tentang seorang pria bernama Fahri (Fedi Nuril) yang mencoba melewati hubungan yang rumit dengan cara Islami.

Fahri adalah pria taat yang begitu lurus dan tidak mengenal pacaran sebelum menikah. Kisah hubungan dia dan beberapa perempuan menjadi rumit saat sedang mengambil gelar master di Al-Azhar, Mesir.

Di Mesir, Fahri bertemu dengan Maria Girgis (Carissa Puteri), tetangga satu flat yang beragama Kristen tapi mengagumi Al Quran. Ia juga bertemu dengan Nurul (Melanie Putria), seorang anak kyai berpengaruh yang membuatnya jatuh hati. Lalu, ada Noura (Zaskia Adya Mecca), tetangga yang selalu disiksa ayahnya sendiri dan mendapatkan empati Fahri. Terakhir adalah Aisha (Rianti Cartwright) yang jatuh cinta pada Fahri karena suatu peristiwa.

3. Habibie & Ainun (2012)

Habibie & Ainun adalah film romantis yang menceritakan perjalanan cinta dari memoar yang ditulis oleh Presiden ke-3 Indonesia dan salah satu insinyur terkenal dunia, BJ Habibie tentang istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Habibie (Reza Rahadian) yang merupakan ahli pesawat terbang bercita-cita untuk membuat pesawat untuk negaranya. Ia bertemu dengan teman SMP-nya, Ainun (Bunga Citra Lestari), di Bandung. Ainun yang sempat diejek oleh Habibie di masa lalu, tapi justru berhasil membuatnya jatuh cinta. Keduanya pun menikah dan terbang ke Jerman.

4. Galih dan Ratna (2017)

Film ini merupakan remake film Gita Cinta dari SMA (1979) yang diadaptasi langsung dari novel dengan judul yang sama oleh Eddy D. Iskandar.

Dua remaja belum siap menjadi dewasa, Ratna (Sheryl Sheinafia) dan Galih (Refal Hady). Tetapi mereka banyak menuntut oleh lingkungan mereka tanpa mempertimbangkan apa sebenarnya yang mereka inginkan. Mereka hanya memiliki satu sama lain untuk saling menyemangati secara diam-diam dan mengejar impian mereka.

Film ini menggabungkan unsur modern dan memori masa lalu, seperti mixtape yang digunakan sebagai alat romantis untuk nembak gebetan. Oh ya, filmnya punya latar tempat yang khas dan menarik, yakni Kota Bogor.

5. Dilan 1990 (2018)

Milea (Vanesha Prescilla) bertemu dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan) di sebuah SMA di Bandung pada tahun 1990. Perkenalan yang tidak biasa membawa Milea untuk mengetahui keunikan Dilan yang cerdas, baik, dan romantis di matanya.

Perjalanan hubungan yang mereka lalui pun tidak selalu mulus, apalagi Milea masih memiliki pacar di Jakarta bernama Beni (Brandon Salim). Kesuksesan film ini akhirnya melahirkan sekuel lainnya, yakni Dilan 1991 (2019) dan Milea: Suara dari Dilan (2020).

Film romantis Indonesia dalam daftar ini tentu baru beberapa saja. Masih banyak lagi list lain. Tapi, tidak ada salahnya untuk dicoba ditonton dulu ya.

Baca juga: Hari Film Nasional, Intip 8 Film Pendek yang Raih Penghargaan Internasional

IMDB | COSMOPOLITAN | MARIE CLAIRE | FILM SITE