Bullying di Mata Dian Sastrowardoyo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Dian Sastrowardoyo saat menghadiri peluncuran Samsung Galaxy S10 di San Francisco, California, Amerika Serikat. Instagram/@therealdisastr

Dian Sastrowardoyo saat menghadiri peluncuran Samsung Galaxy S10 di San Francisco, California, Amerika Serikat. Instagram/@therealdisastr

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Dian Sastrowardoyo atau Dian Sastro mengaku miris melihat aksi bullying terhadap remaja di Pontianak bernama AU yang dilakukan oleh sekelompok siswi SMA. Dia mengaku diskusi soal perisakan bukan hanya mencari siapa yang salah melainkan juga apa yang menyebabkan perilaku seperti itu.

"Aku ingin diskusinya lebih kontemplatif, bukan cuma itu salah. Tapi, kenapa ya? Itu kan anak-anak muda, bisa melakukan itu sebenarnya ada problem yang lebih dalam lagi," kata Dian.

Baca juga:

Definisi Awet Muda Menurut Dian Sastro

Dian mengetahui kasus perundungan terhadap AU dari media sosial milik teman-temannya. Dia mengutip pendapat salah seorang teman di media sosial, yang menurutmya menarik untuk dibahas.

Dian Sastrowardoyo. TEMPO/Nurdiansah

Dalam menilai kasus bullying seperti ini, masalah inti perilaku tersebut harus dicari dan disadari. Menurut Dian, hal yang harus direnungkan dalam kasus seperti ini adalah apakah ada yang salah dalam sebuah sistem, misalnya sistem keluarga.

"Bukan cuma masalah hukum-menghukum, perlu kita tanya, kok dia (pelaku) bisa sejahat itu? Pasti kan ada yang membuat dia melakukan kejahatan sesadis itu. Dia belajar dari mana? Pengaruh apa? Pergaulan? Keluarga? Kenapa itu jadi sesuatu yang normal dilakukan oleh dia," kata Dian.

Selain itu, ia juga tidak setuju jika identitas korban dibuka, termasuk wajah, agar dia dapat melanjutkan hidup setelah kasus ini mengemuka. Menurut Dian, setelah kejadian ini, korban harus melanjutkan hidup layaknya orang biasa sehingga adil jika AU selamanya dikenal sebagai korban dan kejadian apa saja yang terjadi pada dirinya diketahui publik.

Artikel lain:
Dian Sastro Pakai Makeup Ekstrem, Kamu Mengenalinya?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."