5 Drama Korea Terpopuler di Netflix,

Drama Korea Start-Up. (Dok. Netflix)

ragam

5 Drama Korea Terpopuler di Netflix, "Start Up" Juara di Indonesia

Senin, 15 Februari 2021 22:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Hiburan dari negeri gingseng, Korea Selatan mencapai titik tertinggi pada tahun 2020, terutama dengan kesuksesan Bong Joon-ho yang meraih piala Academy Award lewat film Parasite. Saat industri film harus mengalami penderitaan panjang karena pandemi Covid-19, drama Korea telah berkembang pesat di seluruh dunia. 

Industri film Korea juga mulai menyasar pasar penonton yang lebih luas. Langkah berani dilakukan selama tahun 2020, dengan menjelajahi beragam tema dan genre, selain kisah-kisah asmara yang memukau. 

Menurut data Netflix, ada kenaikan waktu tonton K-drama hingga hampir 150 persen di seluruh Asia antara Maret hingga Juli 2020. Ini adalah salah satu efek dari karantina akibat pandemi yang dilakukan di sejumlah wilayah. Netflix juga mengatakan bahwa pada tahun 2020, orang di wilayah Asia menonton konten Korea empat kali lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Bagi yang belum tahu, K-drama adalah acara TV dari Korea Selatan yang biasanya tayang selama satu musim berisi 16 episode. Terlepas dari namanya, sesungguhnya tontonan ini tidak selalu bergenre drama. Memang ada banyak drama komedi romantis seperti What's Wrong with Secretary Kim?, drama yang paling populer di Netflix Jepang. Tapi kisah mimpi dan masa depan seperti Itaewon Class, hingga genre thriller soal kiamat zombie ala Kingdom juga bisa ditemukan.

Berikut adalah judul-judul Korea terpopuler di seluruh Asia:

“Kingdom Season 2” (Korea Selatan, Hong Kong, Thailand)

Berlatar Jepang dinasti Joseon, kisah kerajaan ini berpusat di sekitar Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji-hoon), yang berjuang untuk menjaga orang-orangnya aman di tengah penyebaran wabah misterius yang menghidupkan kembali orang mati sebagai monster yang haus darah. Belum ada kabar terkait musim ke-3 Kingdom. Namun banyak yang memperkirakan, serial ini akan kembali di tahun 2021.

“The King: Eternal Monarch” (India, Malaysia, Filipina, Singapura) 

Serial fantasi ini tayang di Netflix pada 17 April 2020. Kisahnya berpusat pada Lee Gon (Lee Min-ho), seorang raja yang memerintah Kerajaan Korea. Suatu hari, ia melewati portal ajaib dan menemukan dirinya berada di Korea Selatan saat ini. Di sana, ia bertemu Jeong Tae-eul (Kim Go-eun), seorang detektif yang menyamar. K-Drama ini begitu dinanti-nanti karena menampilkan Lee Min-ho untuk pertama kali setelah ia selesai bertugas dari wajib militer.

“Start-Up”(Indonesia)

Start-Up mengisahkan Seo Dal-mi (Bae Suzy), seorang wanita muda dan ambisius yang memiliki cita-cita untuk menjadi CEO yang sukses. Dia bergabung dengan Sandbox, inkubator start-up yang berbasis di Seoul, dan harus menghadapi saudara perempuannya (Kang Han-na). Sepanjang kisah, dia menemukan dirinya terjerat dalam cinta segitiga yang berantakan dengan programmer jenius Nam Do-san (Nam Joo-hyuk) dan kapitalis ventura Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho). 

Serial ini begitu populer di Indonesia. Bahkan para penggemarnya tak segan untuk memamerkan tokoh favorit mereka lewat unggahan di media sosial, hingga spanduk-spanduk berukuran besar. 

“It's Okay to Not Be Okay” (Taiwan)

Drama romantis dengan nuansa thriller ini mengisahkan Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun), seorang penjaga di rumah sakit jiwa, yang tinggal bersama kakak laki-lakinya, Moon Sang-tae (Oh Jung-se), yang memiliki gangguan spektrum autisme. Saat bekerja di rumah sakit, Gang-tae bertemu dengan penulis buku anak-anak terkenal Ko Moon-young (Seo Yea-ji) dan akhirnya jatuh cinta. Seiring berjalannya waktu, ketiga tokoh ini menemukan bahwa mereka memiliki masa lalu yang sama dan menyakitkan.

The New York Times mencatat serial ini dalam daftar “The Best International Shows of 2020”. Sementara Elle menempatkan serial yang penuh air mata ini di peringkat kedua “The 10 Best K-Dramas To Binge-Watch on Netflix.

“What's Wrong with Secretary Kim” (Jepang)

Kisah serial K-Drama ini berputar di sekitar vice-chairman narsis dari sebuah perusahaan besar, Lee Young-joon (Park Seo-joon), dan sekretarisnya yang sangat cakap dalam bekerja, Kim Mi-So (Park Min-young). Kesalahpahaman muncul ketika Kim mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri dari posisinya, setelah bekerja untuk Lee Young-joon selama sembilan tahun. Serial ini ditayangkan pertama kali di tvN pada Juni hingga Juli 2018. 

Itulah 5 judul drama Korea terpopuler yang ditayangkan di layanan streaming Netflix.

Baca juga: Nonton Drama Korea Saat WFH, Baca Dulu Resensi Itaewon Class