Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Kenyal dan Halus

Jaket kulit jadi item fashion yang tak lekang oleh zaman. Perhatikan cara merawat jaket kulit yang benar agar tetap awet. (Foto: Pexels/Anastasiya)

mode

Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Kenyal dan Halus

Jumat, 2 April 2021 17:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaCara merawat jaket kulit bukan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Orang memperlakukan jaket kulit layaknya barang berharga agar tetap kenyal, lembut, dan halus serta bersih.

Jaket kulit sudah ada sejak lama. Pada awal abad ke-20, pakaian ini muncul dan dikembangkan untuk prajurit militer selama perang dunia ke-2. Sementara, pada tahun 1950-an, fashion dengan jaket kulit semakin populer di kalangan bintang-bintang Hollywood. Mereka menirunya, dan menjadikannya salah satu mode penting. Entah dalam model jaket bomber klasik ataupun model mantel bedazzled modern. Semenjak itu, jaket kulit seolah menjadi mode pakaian yang tidak akan pernah surut.

Cara terbaik untuk memastikan jaket kulit punya daya tahan yang kuat dan lama, Anda harus membersihkan dan merawatnya dengan benar. Cukup luangkan waktu saja untuk mempelajari cara merawat jaket kulit dengan benar. Ikuti praktik berikut ini:

Baca tag untuk instruksi yang spesifik

Hampir semua jaket kulit yang dijual di toko menyertakan tag yang menjelaskan cara membersihkan jaket. Karena ada banyak jenis kulit, tidak semuanya dapat dibedakan dengan mata telanjang, ikuti petunjuk khusus pada label bila memungkinkan. Cukup ikuti instruksi yang tersedia.

Bersihkan jaket dengan sikat atau kain lembut

Kalau jaket kulit anda tersimpan cukup lama di lemari, cobalah untuk bersihkan secara rutin. Untuk menghindari kulit lecet atau rusak, gunakan kain katun kering, kain nubuck, atau sikat rambut unta.

Bersihkan bahan kulit dengan kain lembab

Tapi, sebelum melakukannya, anda perlu menguji bahan jaket kulit tersebut. Caranya dengan menjatuhkan setetes air ke atasnya. Kalau air tetap berada di permukaan, artinya bahan jaket kulit anda aman untuk diseka menggunakan kain yang sedikit lembab. Tapi, kalau air tersebut terserap ke bahan dan membuatnya menjadi berwarna gelap, jangan gunakan air.

Untuk bahan kulit suede, perlu sikat khusus atau spons kering

Bahan kulit suede adalah jenis kulit yang dihasilkan melalui proses khusus sehingga punya penampilan lembut, elegan dan terkesan mewah. Biasanya anda perlu menggunakan sikat khusus untuk mencegah bahan kulit mengalami kerusakan. Tapi, anda bisa mencoba menggunakan spons kering sebagai pilihan yang lebih murah. 

Pilih produk pembersih kulit dengan hati-hati

Gunakan hanya produk pembersih kulit yang cocok dengan jenis bahan jaket kulit anda. Idealnya, produk yang diproduksi oleh perusahaan yang sama yang membuat jaket tersebut. 

Dalam penggunaanya, anda perlu menguji produk pembersih kulit pada area kulit yang tersembunyi untuk menguji perubahan warna atau kerusakan, biarkan produk setidaknya selama lima menit, lalu seka dengan kain bersih. Jika tidak ada kerusakan, rawat bagian jaket yang terkena sesuai dengan petunjuk produk.

Bersihkan jamur dengan alkohol atau sabun lembut

Jika jaket kulit dipenuhi jamur, yang biasanya tampak seperti bulu halus putih atau abu-abu, campurkan air dan alkohol gosok dengan perbandingan yang sama. Seka cetakan dengan lembut menggunakan kain katun yang dibasahi dengan larutan ini. Jika tidak berhasil, coba gunakan sabun lembut pembasmi kuman yang dicampur dengan air. Seka kelebihan cairan dengan kain katun kering setelah Anda selesai.

Bawalah jaket ke layanan pembersih kering khusus untuk bahan kulit

Jika metode di atas tidak berhasil menghilangkan noda dari jaket anda, bawalah ke layanan pembersih kering yang secara khusus mengiklankan layanan pembersih kulit. Selalu tanyakan apakah pembersih kering tahu cara merawat jenis kulit dan noda sebelum menyerahkan jaket Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam merawat jaket kulit. Cara merawat jaket kulit dari semua saran dan tips yang ada adalah selalu mengingat jangan pernah mencucinya dengan mesin cuci atau bak cuci.

Baca juga: 6 Cara Merawat Jaket Kulit, Hati-hati Menggunakan Tip DIY

DEPENDABLE CLEANERS | WIKIHOW