6 Cara Merawat Jaket Kulit, Hati-hati Menggunakan Tip DIY

Jaket kulit jadi item fashion yang tak lekang oleh zaman. Perhatikan cara merawat jaket kulit yang benar agar tetap awet. (Foto: Pexels/Anastasiya)

mode

6 Cara Merawat Jaket Kulit, Hati-hati Menggunakan Tip DIY

Senin, 15 Maret 2021 19:38 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Jaket kulit adalah salah satu item fashion yang tak pernah ketinggalan zaman. Agar tetap awet, kamu harus tahu cara merawat jaket kulit yang baik. 

Jaket kulit mulai digunakan pada awal abad ke-20 dan dikembangkan lebih lanjut untuk angkatan bersenjata di Perang Dunia ke-2. Namun, item fashion ini baru dipopulerkan pada tahun 1950-an oleh sejumlah bintang Hollywood yang ingin meniru tampilan militer itu.

Baca juga: Mau Coba Gaya Busana Classy? Simak 5 Tips Berikut

Tak seperti jenis pakaian lain, jaket kulit tidak bisa begitu saja kamu masukkan ke dalam mesin cuci. Jika ini dilakukan, jaket kulit kesayanganmu bisa mengerut, pecah-pecah, bahkan kusut. 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Langkah pertama adalah membaca label yang diberikan pabrik

Label petunjuk akan membantu kamu mengetahui perawatan yang tepat untuk jaket kulitmu. Perhatikan tanda-tanda dan ikutilah petunjuk tersebut agar pakaianmu tetap awet.

2. Jaga jaket tetap kering

Hindari memakai jaket kulit Anda saat cuaca hujan. Jika menjadi basah, pastikan Anda menjemurnya sampai kering sebelum menyimpannya.

Gantung jaket Anda dengan benar. Jangan pernah membiarkan jaket terlipat dalam waktu lama, karena hal ini dapat mendorong terjadinya lipatan dan retakan pada kulit. Kamu bisa menggantungnya di gantungan lebar. Pastikan pula lemarimu memiliki ventilasi yang baik.

Jangan pernah menggantung jaket kulit di bawah sinar matahari karena dapat dengan cepat mengubah warna jaket. Perhatikan pula agar tidak menggantung jaket di gantungan kawat. Ini akan memberikan "tonjolan" aneh di bahu. 

3. Jauhkan jaket dari panas

Panas akan menyebabkan kulit mengering, rapuh, dan retak. Jangan pernah meletakkan jaket Anda di atas atau di dekat radiator atau ventilasi pemanas, dan jangan pernah menyetrika atau melakukan steam sendiri.

4. Gunakan kondisioner kulit

Kulit secara alami akan kehilangan sebagian kelembapannya, tetapi menggunakan kondisioner kulit yang memiliki reputasi baik pada kulit jadi dapat memperpanjang umurnya.

5. Cuci di laundry profesional

Ini patut jadi pilihan, kecuali kamu memiliki pengalaman atau tidak khawatir menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada jaket kulit. Kesalahan kecil apa pun dapat menyebabkan kerusakan serius pada pakaian kamu.

6. Hati-hati dalam menggunakan tips DIY

Ada sejumlah tips DIY yang bisa membantumu menghilangkan noda pada jaket kulit. Namun pastikan kamu berhati-hati dalam melakukannya. Berikut sejumlah bahan yang bisa kamu gunakan. 

  • Pasta gigiGunakan jari untuk mengoleskan pasta gigi non-gel ke noda. Gosok perlahan dengan kain lembut, sampai noda terangkat. Jangan menggosok karena dapat menggores atau mengubah warna kulit. Seka pasta gigi dengan kain bersih dan lembab.
  • Penghapus cat kukuSingkirkan noda tinta dan lecet dengan menepuk-nepuk area tersebut dengan kapas yang dicelupkan ke dalam penghapus cat kuku. Jangan menggosok noda karena dapat membuat tinta menyebar. Tepuk-tepuk dengan lembut sampai noda hilang. Bersihkan dengan kain bersih yang lembab dan keringkan dengan handuk.
  • Soda Kue atau Tepung JagungHapus noda minyak atau lemak dengan menaburkan soda kue atau tepung maizena di tempat. Gosok perlahan dengan kain lembab. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Soda atau pati akan menyerap minyak. Seka sisa bubuk dengan kain lembut dan keringkan dengan handuk lembut.
  • SpiritusCampurkan satu bagian alkohol gosok dengan satu bagian air. Basahi kain dengan larutan alkohol dan lap di area yang terkena. Lap bersih dengan kain lembab lainnya. Ini juga akan menghilangkan jamur. Setelah jaket bersih, gunakan kondisioner kulit agar tidak mengering dan pecah-pecah, serta tahan terhadap noda di kemudian hari.

Itu tadi beberapa cara untuk merawat jaket kulit. Pastikan untuk memberikan perawatan yang tepat untuk jaket kesayanganmu agar kamu bisa tetap tampil edgy dan stylish. 

Baca juga: Midi Dress, Pilihan Manis untuk Style Kekinian 2021

DCLEANERS | DIY NETWORK