Puasa Mutih Boleh Dilakukan Sesekali, Tapi Tak Disarankan Jadi Rutinitas

Ilustrasi nasi putih. Freepik.com/xb100

ragam

Puasa Mutih Boleh Dilakukan Sesekali, Tapi Tak Disarankan Jadi Rutinitas

Rabu, 31 Maret 2021 22:33 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaPuasa mutih sama saja dengan mengonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. Soalnya, biasanya, puasa mutih adalah pola makan yang mana hanya boleh mengonsumsi nasi putih dan air putih saja. Nasi putih yang dimakan juga tidak boleh ditambah dengan garam, gula atau bumbu lainnya.

Perlu diketahui, asupan karbohidrat yang tinggi dapat mempercepat metabolisme tubuh. Sekaligus, mampu menyediakan sumber bahan bakar utama tubuh. Sederhananya, puasa dapat menghasilkan energi yang cepat untuk aktivitas fisik dalam waktu yang singkat.

Di Indonesia, orang-orang Jawa misalnya, terkadang, menjalani puasa ini sebagai ritual untuk mendekatkan diri kepada Yang Kuasa atau dengan tujuan agar keinginannya terkabulkan. Biasanya, menjelang kegiatan penting atau acara spesial tertentu, seperti pernikahan.

Baru-baru ini, Aurel Hermansyah yang sedang mempersiapkan diri jelang pernikahan terlihat melakukan puasa mutih. Lewat video yang diunggah sang ayah, Anang Hermansyah di Instagram, Aurel menyebut:

"Puasa mutih katanya supaya nanti pas nikah manglingi, biar cerah, biar glowing," 

Tapi, apakah puasa seperti ini itu baik buat kesehatan tubuh?

Beberapa ahli diet terkadang merekomendasikan asupan karbohidrat tinggi dan rendah lemak dalam situasi tertentu. Efeknya pada tubuh tergantung pada jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Dalam hal puasa ini, anda hanya mengkonsumsi nasi putih sebagai karbohidrat sederhana alias karbohidrat kosong. Para peneliti menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dianggap lebih meningkatkan upaya menurunkan berat badan pada awalnya. Diet tinggi karbohidrat rata-rata juga aman dalam waktu singkat.

Adakah risiko kesehatan dari puasa mutih?

Dua penelitian di Meksiko yang dipublikasikan pada 2002 oleh Journal of National Cancer Institute, menyatakan bahwa diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker pankreas. Jika diet tinggi karbohidrat tidak diawasi secara ketat oleh ahli gizi, hal ini dapat menyebabkan obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Satu studi lain yang dilakukan oleh Mayo Clinic menemukan bahwa diet kaya karbohidrat dan gula meningkatkan risiko anda mengalami gangguan kognitif ringan, yang kemudian meningkatkan risiko demensia. Hasil ini dilaporkan setelah mengamati pola makan tinggi karbohidrat pada 1.230 orang berusia antara 70-89 tahun selama setahun.

Inilah cara puasa mutih yang sehat dan aman

Puasa mutih perlu dijalankan secara sehat dan aman. Ada baiknya anda tetap mengkonsumsi vitamin atau suplemen jika tetap ingin berpuasa agar tubuh dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya secara optimal. Puasa mutih relatif aman dilakukan sesekali, namun tidak disarankan dilakukan sebagai gaya hidup rutin.

Baca juga: Aurel Rajin Makan Kurma Menjelang Pernikahan, Siapkan 3 Hal Ini Sebelum Menikah

LIVESTRONG | LEN-MED