Teman Curhat karena Depresi? Jangan Bersikap Reaktif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Saat teman curhat karena masalah kesehatan mental, seperti depresi, hindarilah bersikap reaktif. (Pexels/Ramil Ugot)

Saat teman curhat karena masalah kesehatan mental, seperti depresi, hindarilah bersikap reaktif. (Pexels/Ramil Ugot)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam menjalani persahabatan, kita saling berbagi perasaan. Ada kalanya, kita menjadi tempat curahan hati sahabat atau kolega yang mengalami masalah kesehatan mental, seperti depresi. Saat menghadapi ini sebaiknya Anda jangan menanggapi dengan reaktif.

Psikolog klinis dewasa dari Universitas Indonesia, Mega Tala Harimukthi menekankan pentingnya tanggapan responsif yang mengedepankan berpikir sebelum berkomentar atau malah bertindak.

Baca juga: Yang Perlu Anda Ketahui Soal Post Pandemic Stress Disorder (PPSD)

Rekaman video ajang pencarian bakat model yang viral beberapa waktu lalu bisa jadi contoh. Adegan dalam video itu memperlihatkan para juri, yakni Deddy Corbuzier dan Luna Maya, menanggapi keluh kesah salah seorang peserta, Ilene, yang pernah mengalami depresi akibat tekanan pekerjaan dan berujung gangguan makan.

Mendengar curahan hati itu, Deddy dan Luna mengatakan ketidakpahamannya mengingat peserta tampak baik secara visual dan menilai tekanan di dunia pekerjaan suatu hal yang lumrah. Tanggapan tersebut kemudian menjadi bahan perbincangan warganet yang menilai mereka tak peka dan terkesan menyepelekan masalah mental model.

Tala menilai mereka tidak perlu reaktif melalui komentarnya. Sebaliknya, perlu dilakukan validasi dari sisi perasaan dan pemikiran sang model saat mengalami masalah mental. Menurut Tala, ada baiknya saat seseorang mendengar curahan hati semacam ini, dia berusaha terlebih dulu menerima dan memahami apa yang membuat lawan bicaranya mengalami masalah itu.

"Memang sebaiknya jangan reaktif seperti itu komentarnya. Kan yang mengalami masalah perlu divalidasi dulu gimana perasaannya, pikirannya saat dia mengalami itu. Meskipun enggak dipungkiri dalam dunia industri hiburan dan khususnya modelling mengalami gangguan makan ini bukan hal baru," kata dia kepada ANTARA saat dihubungi Rabu.

Baca juga: Cara Gampang Deteksi Gangguan Makan, Kembalilah ke Isi Piringku

Psikolog klinis dewasa dari Yayasan Pulih, Nirmala Ika menangkap kesan sang presenter menyepelekan depresi yang dialami model dalam komentarnya.

Depresi, menurut Ika, bukan melulu karena ada yang kurang dalam hidup seseorang, kurang bersyukur dan alasan lainnya. Banyak faktor yang menyebabkan orang menjadi depresi, antara lain fungsi-fungsi tubuh terkait dengan hormon, gen, atau malah penderita sendiri tak tahu penyebabnya.

Pengalaman hidup dan karakter seseorang dalam sebuah keluarga atau lingkungan juga bisa memainkan peran mencetuskan depresi.

Depresi karena tuntutan memiliki bentuk tubuh ramping, sebenarnya tak hanya dialami mereka dengan profesi model. Ika mengaku menemukan banyak klien yang berkonsultasi masalah ketubuhannya.

Ika yang menggunakan pendekatan Zen, perubahan perilaku, Brainspotting, seni gambar, Teknik Capacitar dan transgenerational dalam sesi terapinya itu mengakui, orang-orang cenderung hidup di dunia yang senang mengatur dan memberikan standar-standar terhadap bentuk tubuh dan wajah dan ini sebenarnya menyakitkan.

"Banyak yang akhirnya merasa tidak bahagia atau sulit menerima dirinya karena kondisi fisiknya. Nah biasanya memang saya akan gali satu persatu apa yang paling mengganggu dari dia, apa yang membuat image dia jadi begitu, kemudian kami cari cara untuk mengelola itu dan belajar mencintai diri kita sendiri," jelas Ika.

Untuk itu, dalam menanggapi, sebaiknya hindari berkomentar menggunakan kalimat seperti "Halah masalah gitu aja dipikirin, sudahlah lupain" atau "makanya rajin ibadah biar enggak gampang stres."

Umumnya kalimat semacam ini sering terlontar sebagai reaksi orang lain terhadap orang yang mengalami stres dan depresi. Walau ada kesan menguatkan, namun bisa jadi malah tak menyelesaikan masalah.

Baca juga: Gangguan Makan adalah Kondisi Kesehatan Mental yang Bisa Berakibat Fatal

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."