Selain Cegah Kutu Air, Simak 3 Manfaat Pakai Sandal di dalam Rumah

Ilustrasi sandal jepit (pixabay.com)

kesehatan

Selain Cegah Kutu Air, Simak 3 Manfaat Pakai Sandal di dalam Rumah

Selasa, 23 Maret 2021 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang memilih memakai sandal di rumah dengan alasan menjaga kebersihan kaki ataupun sudah menjadi kebiasaan dalam keluarga. Selain itu, ada berbagai manfaat pakai sandal di dalam rumah untuk kesehatan yang mungkin belum Anda sadari. Sandal datar yang pas dengan bentuk kaki Anda dapat meningkatkan kesehatan anggota tubuh lainnya.

Salah satu di antaranya melancarkan sirkulasi darah yang baik sehingga mencegah kemungkinan kaki bengkak. Manfaat lain dari pakai sandal di dalam rumah bisa meningkatkan keseimbangan tubuh pada bayi dan orang tua seperti dilansir dari laman Times of India, Senin, 22 Maret 2021.

1. Mencegah penyakit umum

Apakah Anda sering menderita pilek dan flu sepanjang tahun, meski selalu fokus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda? Bisa jadi ada kesalahan umum yang mungkin menjadi penyebabnya dan harus diperhatikan seperti tidak memakai sandal di dalam rumah memungkinkan panas tubuh keluar melalui kaki. Saat tubuh terus kehilangan panasnya, sirkulasi darah menurun, yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan umum seperti pilek dan flu.

Mengenakan sandal di rumah memberikan perlindungan pada kaki Anda, yang membantu menjaga aliran darah tetap normal dan memungkinkan sistem kekebalan Anda melawan penyakit.

2. Mencegah infeksi bakteri dan jamur

Meski kita menduga lantai rumah terlihat bersih dan tidak bernoda, tetapi ada kemungkinan kuman dan bakteri yang tidak dapat diihat dengan mata telanjang. Ternyata rutin mengepel atau memvakum, tidak dapat menghentikan mikroorganisme berbahaya memasuki rumah dengan air, udara, dan pembawa lainnya. Oleh karena itu, memakai sandal di rumah bisa membantu melindungi kaki dari penyakit kaki yang menular seperti jamur kuku kaki dan kutu air.

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Mengenakan sandal juga meningkatkan keseimbangan tubuh bagi bayi kecil dan orang tua. Kaki bayi tidak rata sampai usia tertentu dan sering jatuh saat belajar berjalan. Jadi, dengan memakai sandal bisa membantu bayi berjalan dengan mudah.

Untuk orang yang lebih tua, mereka harus memakai sandal yang memiliki penyangga lengkung yang bagus. Mengenakan sandal meningkatkan keseimbangan dan stabilitas seiring bertambahnya usia. Pastikan untuk membeli sandal nyaman yang menyediakan penyangga yang tepat.

4. Menyembuhkan kaki yang bengkak

Sirkulasi darah yang tidak tepat dapat menyebabkan kaki bengkak. Jika kamu mengenakan sandal di rumah, maka bisa menjebak panas dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Pilihlah sandal yang pas dengan kaki Anda.

TIMES OF INDIA