Redakan Stres dengan Self Love, Ini 5 Caranya

Ilustrasi yoga. Aisquared.com

kesehatan

Redakan Stres dengan Self Love, Ini 5 Caranya

Jumat, 19 Maret 2021 07:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Berkutat dengan kesibukan sehari-hari, terutama di tengah berlanjutnya pandemi, kerap membuat kita lupa untuk mencintai diri sendiri. Cara melakukan self love, adalah dengan merawat diri sendiri secara fisik, pikiran, dan emosi. Padahal, menyayangi diri sendiri sangat penting dalam menjaga baik kesehatan tubuh dan mental yang sangat bermanfaat dalam menjaga pandangan positif atas hidup dan kejernihan berpikir dalam menghadapi segala tantangan.

Bahkan, Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) bahkan menyarankan untuk sering melakukan relaksasi diri untuk meredakan stres. Tentunya, ada berbagai cara untuk mencapai relaksasi, mulai dari latihan bernafas hingga mendengarkan musik yang menenangkan.“Mencintai diri sendiri atau self love adalah cara kita menghargai diri sendiri atas segala kreativitas dan kerja keras yang kita keluarkan di keseharian hidup. Melakukan hal-hal yang positif bagi diri sendiri juga tidaklah susah ataupun harus mahal, karena itu bisa dilakukan sehari-hari, mulai dari melakukan stretching ringan hingga mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah,” ungkap Zsazsa Kartika, Senior Brand Manager Blibli dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada 18 Maret 2021.

Baca: Apa Itu Self Love dan Bagaimana Cara Membedakannya dengan Selfish

Zsazsa menambahkan bahwa banyak sekali buku dan konten online, bahkan web series, yang bisa memberi inspirasi untuk merawat diri. Namun, untuk singkatnya, ada empat hal mudah yang bisa dilakukan hari ini juga sebagai langkah pertama dalam perjalanan menuju menyayangi diri sendiri.

1. Redakan stres dengan aroma yang tepatAroma yang tepat diyakini bisa menjadi terapi dikala stres melanda. Essential oil dengan beragam wewangian beserta manfaatnya, kini bisa kamu temukan dengan mudah. Ketika sulit tidur, teteskan French Lavender essential oil di bantal atau selimut kesayangan kamu. Atau ketika deadline menumpuk buat kamu stres, nikmati aroma Chamomile dan Ylang Ylang dengan air humidifier diffuser di kamar atau ruang kerja. Selamat mencoba!

2. Yoga untuk melatih mindfulnessBerbagai riset membuktikan bahwa berlatih yoga tidak hanya membuat bugar, tetapi juga memberi efek menenangkan, karena sebagian besar pose-nya harus dilakukan dengan konsentrasi penuh. Untuk pemula, kamu bisa coba berlatih gerakan yoga sederhana di internet, dan pastikan kamu menggunakan matras halus dan fleksibel, agar tubuh, khususnya lutut dan pinggang bisa ditopang dengan baik. Cobain yuk!

3. Let the music free your soulMendengarkan musik juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengurangi rasa sakit, depresi, dan meningkatkan kualitas tidur, karena dapat membantu fokus dan menghadirkan aura positif. Setel musik dengan genre ambient demi menenangkan hati saat Anda beristirahat, atau musik bernuansa hip hop, R&B, atau reggae untuk aktivitas yang dinamis. Mudahkan hidupmu dengan wireless speaker yang praktis dan bisa menemani produktivitas kamu, tanpa harus sering di-charge.

4. Good Food for Good MoodMemberikan asupan sehat untuk diri sendiri adalah cara yang tepat untuk mencintai diri sendiri, loh! Anda bisa coba konsumsi buah berries yang kaya akan antioksidan untuk menjaga mood, atau nikmati roasted almond yang kaya akan selenium untuk mencegah depresi.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menikmati kebaikan buah dan sayur dengan smoothies menggunakan blender high speed. Jangan lupa gunakan madu sebagai pemanis alami dan tambahkan yoghurt untuk penyegar, ya!

Zsazsa mengatakan ada banyak generasi milenial yang menjadi pelanggan Blibli. "Kami menyadari topik mengenai self love ini sangat penting untuk diangkat, termasuk melalui webseries garapan Blibli dan Visinema berjudul 'Cerita Tentang Menyudahi' yang diluncurkan baru-baru ini,” kata Zsazsa yang berusaha mengakomodasi self love itu.

"Misalnya dengan menyediakan berbagai kategori produk yang lengkap dan memberikan pilihan transaksi beragam, mengingat mereka sangat dinamis dan digitally connected,” kata Zsazsa.