Ini Bedanya Pasangan Posesif dan Protektif

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

cinta

Ini Bedanya Pasangan Posesif dan Protektif

Selasa, 16 Maret 2021 19:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada garis tipis antara pasangan bersikap posesif dan protektif. Ketika pasangan bersikap protektif, memeriksa, memastikan bahwa kamu baik-baik saja, dan membuat kamu merasa dicintai dan diinginkan. Sementara di sisi lain, saat pasangan bersikap posesif, cirinya mereka mendominasi, mengendalikan, dan merampas kebebasan.

Anda. Jika masih belum bisa membedakan, berikut ciri-ciri lebih lanjut yang membedakan pasangan posesif dan protektif melansir laman Pink Villa

Posesif

Ciri pasangan bersikap posesif, mereka akan mencoba mengisolasi kamu dan memisahkan kamu dari semua orang yang dicintai, baik itu lingkaran teman atau anggota keluarga. Mereka ingin mengisolasi kamu dari sistem pendukung atau support system.

Mereka akan mencoba mengubah kamu. Beragam caranya mulai dari mempertanyakan setiap gerakan kamu, mengkritik, hingga bisa menurunkan harga diri. Mereka juga akan memanipulasi bahwa apa yang mereka lakukan untuk kamu adalah hal terbaik dan bantuan satu-satunya, padahal tidak sama sekali.

Pasangan yang bersikap posesif akan melanggar ruang pribadi dan privasi Anda. Mereka akan memeriksa riwayat ponsel, internet, dan semua hal terkait pasangannya. Bukan itu saja, mereka juga selalu mengawasi selama 24 jam.

Protektif

Bagaimana dengan ciri pasangan protektif? Mereka bersikap melindungi, tidak akan membiarkan kamu keluar sendirian, terutama di malam hari dan akan selalu memeriksa kamu untuk memastikan kamu dalam kondisi aman.

Mereka akan memastikan untuk melindungi kamu dari orang yang tidak mereka sukai dan akan memarahi siapa pun yang menyakiti kamu atau menimbulkan ancaman. Sikap protektif mereka bisa diandalkan saat kamu berada di situasi yang tidak nyaman. Bedanya dengan pasangan yang posesif, mereka membuat kamu nyaman saat dilindungi, bukan merasa seolah-olah tercekik.

Baca juga:

Cara Menghadapi Pasangan yang Posesif, Singkirkan Rasa Ragu

PINK VILLA