Asmirandah Cerita Ingat Cara Menggunakan Test Pack dari Syuting Sinetron

Asmirandah bersama suami, Jonas Rivanno, dan anak pertama mereka, Chloe Emmanuelle Van Wattimena. Instagram/@asmirandah89

ragam

Asmirandah Cerita Ingat Cara Menggunakan Test Pack dari Syuting Sinetron

Selasa, 23 Februari 2021 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Asmirandah menceritakan proses program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) yang dijalaninya pada Februari 2020. Ia mengungkapkan di bulan itu pertama kali ia konsultasi ke dokter anak untuk memperoleh keturunan. 

Saat itu, kata Asmirandah, dokternya menyarankan alami saja karena kondisi kesehatan reproduksi ia dan Jonas Rivanno dalam kondisi baik-baik saja. Akan tetapi, Asmirandah memikirkan usianya yang sudah menginjak 30 tahun. Meski ia percaya dengan kuasa Tuhan, ia memikirkan ikhtiar-ikhtiar apa saja yang bisa dilakukannya sebagai manusia. Ia punya keyakinan dalam dirinya bahwa di tahun itu bisa hamil

Setelah berdiskusi dengan dokter dan suami, Asmirandah memutuskan untuk jalani program bayi tabung. Mulai dari pengambilan ovum di masa subur, transfer embrio, proses embrio melekat di rahim selama dua minggu, hingga hasil positif, Asmirandah hanya membutuhkan waktu selama 45 hari. Ia benar-benar syukur bisa mengandung dalam waktu cepat sebagai hadiah dari Tuhan.

"Totally program hanya 45 hari. Aku bersyukur banget dan emang itu bener-bener hadiah dari Tuhan," jelasnya kepada Alice Norin saat Instagram Live Episode 4: Keseruan menjadi new mommy bersama Asmirandah di Instagram Mini Today, Senin, 22 Februari 2021.

Ada momen lucu sekaligus menegangkan saat Asmirandah ingin mengecek apakah ia hamil atau tidak. Diawali dengan perubahan tanggal konsultasi ke dokter.

"Pas tanggal 29 april 2020, harusnya aku k dokter untuk cek, cek darah, ternyata dokternya praktik jadi tanggal 30. Akhirnya suster bilang gini, 'kalo ibu penasaran, ibu boleh test pack'. Aku deg-degan bener," tutur perempuan berusia 31 tahun itu.

Kemudian, Asmirandah memutuskan membeli test pack via online yang langsung dikirim hari itu juga. Mengingat itu kali pertama ia menggunakan test pack, ia pun mengandalkan memorinya saat syuting sinetron.

"Aku gak punya pengalaman test pack kan. Akhirya aku beli test pack via online yang langsung dikirim hari itu. Trus aku sempat bingung, ini cara pakainya gimana ya. Trus aku inget-inget, oh dulu di sinetron kayak gini caranya. Jadi aku inget pas syuting," jelasnya.

Lucunya, ia sempat lupa memasukkan alat test pack-nya ke wadah urin. "Trus yaudah lama, kok gak ada dua garisnya. Cuma satu garis, satu garis juga burem banget. Trus aku mikir apa ini salah ya, aku inget-inget aku belum celupin. Saking bingung gemetarannya," ingatnya sambil tertawa.

Kembali berbekal pengalamannya saat syuting sinetron, ia mengingat ada tahapan yang dilewatkannya.

"Trus aku inget pas syuting sinetron, aku harus taro di gelas dulu, baru dimasukkin. Oke, pas diliat-liat garis duanya itu terang banget, kak. Udah jelas banget, kak," ucap pesinetron Kemilau Cinta Kamila itu.

Melihat hasil tersebut, Asmirandah mengaku berteriak dan bersyukur. "Aku teriak, 'terima kasih Tuhan' trus aku nangis saat itu juga. Semua orang panik ngeliat aku nangis dikira kenapa," imbuhnya.

Asmirandah melahirkan Chloe Emmanuelle Van Wattimena lewat operasi caesar pada 25 Desember 2020. Kini, ia tengah menikmati masa-masa menjadi ibu dan kerap membagikan pengalamannya melalui media sosial. Asmirandah dan Jonas sepakat mengasuh Chloe bersama-sama dengan bantuan keluarga, tanpa jasa baby sitter atau pengasuh anak. Hingga saat ini, Asmirandah juga memberikan Air Susu Ibu atau ASI eksklusif untuk Chloe.

Baca juga:

Ajak Chloe Bepergian, Asmirandah Bawa Bak Mandi Portable hingga Termometer