Tips Mencuci Pakaian yang Benar, Beda Teknik dan Kadar Noda

Ilustrasi pakaian. Sxc.hu

ragam

Tips Mencuci Pakaian yang Benar, Beda Teknik dan Kadar Noda

Kamis, 30 April 2020 11:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencuci pakaian adalah aktivitas keseharian yang cukup menantang. Sebab, setiap pakaian membutuhkan penanganan berbeda.

Pakaian sehari-hari seperti kaos, celana pendek, daster; busana kerja berupa kemeja, dress, blazer, celana panjang; pakaian bayi, terbuat dari bahan dan derajat kotor yang berbeda. Brand Manager SoKlin, Rindu Melati Siregar berbagi tips mencuci pakaian yang benar agar pakaian bersih, aman dikenakan, dan serat kainnya tetap terjaga.

Berikut kiat mencuci pakaian yang benar:

  1. Cek label Sebelum mencuci pakaian jenis apapun, cek dulu label perawatannya untuk mengetahui instruksi dan saran pencucian yang tepat. Menurut Rindu Melati, setiap pakaian punya metode cara perawatan terbaik masing-masing. Perawatan yang tepat akan membuat pakaian tahan lama.

  2. Pilih mencuci dengan tangan atau mesin?Mencuci pakaian dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu menggunakan mesin cuci atau dengan tangan. Mesin cuci memang menjadi opsi yang lebih praktis. Hanya saja, ada beberapa jenis bahan yang tidak disarankan untuk dicuci dengan mesin. Contohnya pakaian yang terbuat dari satin, sutra, wol, dan bahan memiliki karakter mudah mengkerut, serta luntur.

  3. Mengukur derajat kotor pakaianMencampur pakaian saat dicuci tanpa memperhatikan derajat kotornya, menurut Rindu Melati, dapat menyebarkan kuman satu pakaian ke pakaian lain. Sebab itu, bersihkan dulu pakaian yang terkena noda sebelum kemudian dicuci dengan metode biasanya.

    Contoh, pakaian terkena muntah atau tinja bayi, pakaian yang terkena luka atau kulit terinfeksi, pakaian yang sangat bernoda atau terpapar dengan kuman dalam jumlah besar, harus dibersihkan dulu sebelum dicuci bersama pakaian lain. Jika perlu, pisahkan proses pencuciannya hingga tuntas. "Supaya kuman maupun kotoran tidak bercampur ke seluruh pakaian, serta menjaga pakaian agar tetap terawat," kata Rindu Melati.

  4. Perlukah merendam pakaian?Merendam pakaian biasanya dilakukan sebelum mencuci pakaian dengan tangan. Proses perendaman cukup dilakukan selama 15 sampai 30 menit. Pastikan menggunakan detergen dengan kandungan antibakteri agar pakaian tetap segar walau direndam dalam waktu lama.