Beyonce Cetak Rekor di Grammy Awards 2021

Beyonce pecahkan rekor dengan meraih total 28 piala Grammy Awards. (Foto: CBS via Reuters)

profil

Beyonce Cetak Rekor di Grammy Awards 2021

Senin, 15 Maret 2021 15:42 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaBeyonce mencetak rekor sebagai penyanyi perempuan dengan total raihan Grammy Awards tertinggi. Rekor ini ia dapat setelah memenangkan empat kategori dari total 9 nominasi yang ia raih di Grammy Awards 2021. 

Keempat kategori yang ia menangkan di ajang ajang musik tahunan ini adalah Best Rap Song, Best Rap Performance, Best Music Video, dan Best R&B Performance. Total Beyonce telah mengantongi total 28 piala, sejak kemenangan pertamanya di tahun 2001. 

Selama setahun Beyonce tidak merilis album. Namun ia berhasil mendapatkan banyak nominasi untuk berbagai kategori berkat beberapa singlenya. 

"Black Parade" masuk dalam kategori Record of the Year, Song of the Year, Best R&B Performance dan Best R&B Song. Beyoncé merilis "Black Parade" pada Juneteenth, hari yang memperingati akhir perbudakan di AS. Di lagu tersebut, dia bernyanyi tentang kembali ke "tanah air" dan mengingatkan dirinya sendiri bahwa dia tidak bisa melupakan sejarahnya. 

"Savage," kolaborasinya bersama Megan Thee Stallion yang memuncaki tangga lagu, dinominasikan untuk Record of the Year, Best Rap Performance dan Best Rap Song. 

Sementara dua nominasi lain ia dapatkan dari soundtrack film Disney + "Black is King", yakni single "Brown Skin Girl". Lagu ini membawanya untuk nominasi Best Music Film dan Best Music Video

Beyonce menerima penghargaan secara langsung di gelaran semi-virtual ini. Queen Bey, yang tampil memukau dalam gaun mini kulit hitam, menyampaikan pidato emosional tentang warisan yang ingin ia tinggalkan.

"Sebagai seorang seniman, saya percaya itu adalah tugas saya dan semua tugas kami untuk merefleksikan waktu. Dan ini adalah saat yang sulit. Saya ingin mengangkat, menyemangati, dan merayakan semua ratu dan raja Hitam cantik yang menginspirasi saya dan seluruh dunia," katanya.

Ia melanjutkan, “Ini sangat luar biasa. Saya telah bekerja sepanjang hidup saya sejak usia 9 tahun. Saya tidak percaya ini terjadi. Ini adalah malam yang ajaib. Terima kasih banyak."

Beyoncé kemudian berteriak kepada anak-anaknya, dengan menyebutkan secara khusus kepada putrinya Blue Ivy karena menjadi pemenang Grammy yang baru dicetak, menambahkan bahwa dia "sangat merasa terhormat menjadi ibu kalian".

"Aku sangat mencintaimu, my rock," kata Beyonce, menoleh ke suaminya Jay-Z di antara kerumunan gelaran Grammy Awards ke-63 ini. 

Baca juga: Grammy Awards 2021: Para Musisi Perempuan Siap Cetak Sejarah Baru

HUFF POST | GUINNESS WORLD RECORDS | PITCHFORK | THE NEWYORK TIMES