Pengantin Baru, Simak 5 Tips Merencanakan Keuangan Bersama

Ilustrasi pasangan menikah. Shutterstock

ragam

Pengantin Baru, Simak 5 Tips Merencanakan Keuangan Bersama

Senin, 1 Maret 2021 07:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernikahan bukan hanya janji antara dua orang untuk hidup bersama, tetapi juga perubahan tanggung jawab, kebiasaan, preferensi, dan  keuangan. Sebagai pengantin baru, Anda akan melihat perubahan besar setelah menikah, karena pilihan untuk membeli rumah, kebijakan perencanaan masa depan, investasi diputuskan bersama.

Ini sangat memengaruhi perubahan gaya hidup Anda dan pasangan yang berkaitan dengan kebiasaan finansial. Perencanaan keuangan yang terbuka dan terorganisasi adalah cara yang baik untuk memulai masa depan Anda dengan pasangan.

Berikut sejumlah tips mengelola keuangan yang harus diketahui oleh setiap pengantin baru, melansir laman Times of India, Sabtu, 27 Februari 2021

1. Pahami riwayat menggunakan uang masing-masing

Komunikasikan secara terbuka dengan pasangan tentang kebiasaan masing-masing dalam menggunakan uang. Ceritakan struktur keuangan keluarga Anda secara teratur. Menjadi transparan tentang masalah pengeluaran adalah kunci untuk tetap berpikiran terbuka dalam situasi apa pun sehingga bisa mencegah perselisihan mengenai masalah uang.

Jika pasangan Anda memiliki riwayat belanja berlebihan, diskusikan masalahnya dan cari solusinya bersama-sama

2. Rencanakan tujuan keuangan

Menyusun rencana keuangan yang konstruktif memudahkan pasangan untuk mengomunikasikan pemikiran dan pendapat mereka tentang cara membelanjakan serta menghemat uang untuk kebutuhan. Diskusikan aspek perencanaan masa depan Anda, seperti rumah yang lebih besar ketika Anda berdua memutuskan untuk mendapatkan momongan atau dibuatnya rekening tabungan yang sepenuhnya didedikasikan untuk dana darurat.

3. Menjaga aset

Anda dan pasangan mungkin memiliki aset dan kewajiban sebelum menikah, contohnya mobil, investasi perkebunan, piutang atau bahkan utang. Bersikap jujur dan terbuka tentang hal tersebut akan membantu Anda berdua untuk merencanakan keuangan dengan baik. Langkah itu juga turut mendukung tujuan dan prioritas keuangan Anda berdua.

4. Satu akun

Beberapa pasangan dengan senang hati menggabungkan akun mereka, sementara yang lain suka memiliki akun terpisah hanya untuk diri mereka sendiri, meski telah bergabung di akun lain bersama. Menggabungkan rekening bank dan laporan pajak akan membantu Anda berdua untuk mendaftarkan rekening seimbang, di mana Anda berdua berkontribusi sama dan juga membagi semua pengeluaran. Hal ini juga bisa mencegah kemungkinan adanya ketidakberpihakan atau penipuan dalam hal apa pun karena Anda dan pasangan bekerja sama untuk mencapai tujuan keuangan yang sama.

5. Menetapkan anggaran dan asuransi

Mengikuti rencana anggaran bulanan akan membantu Anda mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Melacak pengeluaran dan tabungan adalah cara terbaik untuk membangun kesamaan tujuan keuangan. Bukan berarti masih di tahap pengantin baru, Anda berdua tak membuat rencana masa depan. Siapkan sejak awal rencana asuransi, properti, hingga pensiun nanti.

TIMES OF INDIA