Ria Miranda Bagi 5 Kiat Agar Bisnis Mode Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ria Miranda. Instagram.com/@riamiranda

Ria Miranda. Instagram.com/@riamiranda

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi Covid-19 memengaruhi berbagai aspek dalam sendi kehidupan, termasuk bisnis. Sebagai salah satu pebisnis di industri mode atau fashion, Ria Miranda melakukan sejumlah langkah agar bisa bertahan di masa sulit ini. Tak hanya mengatur dari segi keuangan, jumlah produksi pun disiasati menjadi lebih terbatas atau sesuai permintaan konsumen.

Berikut lima tips yang dibagikan Ria Miranda selaku Creative Director brand RiaMiranda dalam bincang-bincang virtual bersama Shopee Indonesia, Selasa, 23 Februari 2021, untuk para pegiat industri fashion Indonesia agar bisa beradaptasi di tengah pandemi

1. Mengatur ulang skenario keuangan

Dengan adanya kondisi pandemi, tentu terjadi perubahan yang signifikan terhadap operasional bisnis secara keseluruhan dan diperlukan adanya penyesuaian akan hal ini. Yang terpenting dan harus dipertimbangkan adalah usaha untuk merestrukturisasi ulang arus kas serta target bisnis agar bisa sesuai dengan keadaan yang sedang dihadapi.

2. Membangun komunikasi yang baik dengan tim internal

Karena Anda tidak mungkin menjalankan bisnis secara sendiri, penting untuk adanya arus komunikasi yang baik antar tim internal agar semuanya bisa saling membantu memahami kondisi yang ada serta beradaptasi bersama dengan tujuan akhir yang sama.

3. Mengatur jumlah produksi

Kondisi pandemi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap menurunnya penjualan produk-produk bisnis mode. Maka dari itu, pebisnis harus jeli mengatur jumlah produksi seefisien mungkin, produksi sesuai dengan apa yang kita butuhkan atau dalam jumlah terbatas sesuai permintaan konsumen.

4. Mengoptimalkan kesempatan untuk digitalisasi

Dengan kebanyakan masyarakat Indonesia yang mulai mengandalkan platform digital, kita bisa memanfaatkan momentum ini untuk lebih menginvestasikan bisnis dari segi digital, seperti dengan melakukan virtual trunk show, live shopping ataupun sebagai sarana komunikasi dengan target pasar.

Anda juga bisa memanfaatkan platform e-commerce untuk bisa menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dari seluruh Indonesia.

5. Menjadi merek yang solutif

Menurut Ria Miranda, penting sekali suatu merek memiliki nilai untuk selalu menjadi solusi bagi setiap permasalahan pelanggan dan bermanfaat untuk sesama. Ini semua bisa dicerminkan melalui koleksi yang kita luncurkan dengan terus berinovasi menghasilkan produk-produk yang bernilai kebaikan.

Baca juga:

Kaum Muda jadi Inspirasi Ria Miranda Merancang Koleksi Aluna

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."