Chacha Frederica Cerita Pengalaman Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Chacha Frederica. (Instagram - @chafrederica)

ragam

Chacha Frederica Cerita Pengalaman Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Selasa, 23 Februari 2021 15:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan presenter Chacha Frederica membagikan pengalaman pertamanya menerima vaksin Covid-19 pada hari ini, Selasa, 23 Februari 2021. Lewat unggahan video Instagram Stories-nya, istri Dico Ganinduto itu merinci proses penerimaan vaksin yang ia jalani di Kendal, Jawa Tengah. 

"Bismillahirrahmanirrahim, hari ini aku mau on the way vaksin, bismillah doain ya," katanya sambil membereskan tampilan jilbabnya saat berada di dalam mobil.

Kemudian, ia menunjukkan sudah sampai di tempat vaksin dan tengah berada di meja 1 registrasi. Ia menjelaskan bahwa sang suami yang juga Bupati Kendal sudah menerima suntikan vaksin Covid-19 sebanyak dua kali. Chacha baru divaksin saat ini setelah ada penelitian yang mengizinkan ibu menyusui bisa divaksin. Mengingat saat ini, ia masih menyusui putrinya, Cassia Shakir Ganinduto, yang baru berusia 10 bulan.

"Penelitiannya bener-bener diteliti bahwa ibu menyusui itu boleh divaksin. Jadi, aku udah confirm, telepon dokter anak, profesor Rinawati, aku telepon 'dok, aku mo vaksin nih, gimana?' 'oke gapapa', dia bilang gitu," ucapnya.

Penjelasan Chacha itu sesuai dengan izin yang sudah dikeluarkan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan per tanggal 11 Februari 2021. 

"Pemerintah secara resmi mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 bagi kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas Covid-19 dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan. Ini merujuk pada kajian yang dilakukan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional," bunyi pemberitahuan di akun Instagram Kementerian Kesehatan, 12 Februari 2021.

Adapun pemberian vaksinasi harus mengedepankan prinsip kehati-hatian sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah.

Kembali ke Chacha Frederica, usai dari meja 1 registrasi, ia menuju meja 2 skrinning untuk mengecek tensi darahnya dan suhunya. Lalu, ia menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan tenaga kesehatan, seperti apakah ibu pernah kontak dengan pasien positif Covid-19, apakah ibu pernah terkonfirmasi positif Covid-19 hingga pernah alergi setelah divaksin. 

Unggahan Instagram Stories Chacha Frederica menunjukkan kartu yang menandakan ia sudah divaksin Covid-19 pada Selasa, 23 Februari 2021. Tangkapan layar Instagram/@chafrederica

Saat ditanyakan apakah punya riwayat asma, Chacha menjelaskan bahwa ia menderita asma namun kini tak pernah kambuh. "Tapi stabil, gak pernah kambuh, alhamdulillah," jawabnya.

Selain asma, ia tidak punya riwayat sakit lainnya di paru-paru. Lalu, tenaga kesehatan mengajukan pertanyaan lainnya, yaitu apakah Chacha punya riwayat penyakit jantung, ginjal, lever, kanker, dan autoimun. Ia menjawab semua pertanyaan dengan tidak.

Chacha Frederica menutup rangkaian unggahan seputar vaksin Covid-19 dengan foto ia menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19. Ia juga menyertakan ucapan syukur di keterangannya. "Alhamdulillah saya sudah vaksin Covid-19," tulisnya.

Baca juga:

Chacha Frederica Cerita Kebiasaan Membersihkan Kamar Mandi: Aku Sikat Sendiri