5 Tahapan Membuat CV dengan Aplikasi Canva

CV menarik bisa meningkatkan kesempatanmu untuk direkrut oleh perusahaan.

karir

5 Tahapan Membuat CV dengan Aplikasi Canva

Rabu, 10 Februari 2021 12:07 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - CV dibutuhkan ketika kita berniat melamar pekerjaan. Namun, untuk menulis riwayat hidup terkadang masih saja kita merasa kebingungan. Apalagi jika harus menghiasnya dengan berbagai desain yang enak dipandang. Padahal CV dengan tampilan menarik bisa meningkatkan potensi kamu direkrut oleh perusahaan, loh. 

Nah, untuk membuat curicculum vitae kamu bisa menggunakan situs Canva. Buat kamu yang belum tahu, Canva adalah sebuah platform desain grafis yang bisa digunakan untuk membuat beragam desain sesuai kebutuhanmu. Mulai dari grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, hingga kartu nama. Untuk dokumen, Canva punya berbagai template daftar riwayat hidup. Inilah yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membuat CV.  

Bagaimana cara menggunakannya? Berikut 5 tahap sederhana yang bisa kamu lakukan:

1. Membuat akun di situs Canva

Setelah membuka situs Canva, kamu akan diminta untuk sign up atau login. Jika kamu belum pernah memiliki akun untuk situs ini, klik sign up. Selanjutnya kamu bisa memilih untuk mendaftar dengan akun Google, Facebook, atau email. 

2. Memilih kategori desain

Pilih kategori desain sesuai yang kamu butuhkan di Canva

Sekarang kamu sudah berhasil masuk ke halaman utama Canva. Perhatikan baris pertama, kamu akan menemukan desain-desain yang dianjurkan. Pilihlah "daftar riwayat hidup". Jika pilihan ini tidak ada, klik dulu "dokumen", lalu kamu akan diantarkan ke laman berikutnya. Nah, di sinilah kamu akan menemukan pilihan "daftar riwayat hidup".

3. Memilih template CV

Ada banyak pilihan template dan contoh CV menarik di platform desain

Selamat! Kamu sudah sampai tahap ini. Ada puluhan contoh desain yang bisa segera gunakan. Perhatikan sisi kiri layarmu. Klik "template" yang ada di bar hitam. Kamu bisa scroll ke bawah atau ke samping untuk memilih desain template CV yang kamu inginkan. Di sini kamu akan menemukan berbagai contoh cv menarik. Nah, kala memilih template, sesuaikan gaya curriculum vitae yang akan kamu gunakan dengan perusaahan tempat kamu akan melamar pekerjaan. Berikut beberapa jenis template yang cocok dengan bidang pekerjaanmu:

Resume Profesional

Hampir semua bidang pekerjaan bisa menggunakan template ini. Khusus kamu yang melamar di bidang industri perbankan, pemerintahan, migas, atau pendidikan, template resume ini jadi pilihan utama.

Resume Sederhana dan Minimalis

Tampilan sejumlah template ini sesuai namanya, bergaya minimalis dan sederhana. Kamu cukup mengganti foto dan data diri di dalamnya. Resume model ini juga cocok untuk segala bidang pekerjaan dan industri.

Resume Infografis dan Kreatif

Kamu melamar ke media massa, khususnya yang berbasis digital, ataupun industri kreatif lainnya? Template ini bisa jadi pilihan yang pas. Tampilan infografis juga memudahkan perekrut kala membaca riwayat hidup dan keahlianmu. 

4. Mengisi foto, data diri, dan riwayat hidup

Isilah CV dengan pengalaman kerja, latar pendidikan, dan segala keahlian yang kamu miliki

Ini saatnya kamu unjuk diri. Isi CV yang hendak kamu kirimkan dengan segala pencapaian dan prestasi yang telah kamu cetak. Jangan lupa untuk memberikan foto agar perekrut bisa mengenalimu. Masukkan juga jenjang pendidikanmu, riwayat pekerjaan, pengalaman berorganisasi atau komunitas, serta keahlian-keahlian yang kamu miliki. 

5. Menyimpan CV yang sudah jadi

Sesuaikan format dokumen CV yang kamu butuhkan untuk melamar pekerjaan

Wah, kamu sudah berhasil membuat CV pertamamu dengan bantuan Canva. Sekarang saatnya kamu menyimpan dokumen agar bisa segera kamu kirimkan ke perusahaan yang kamu tuju. Tengoklah sisi kanan layar laptop atau komputermu. Ada tanda panah ke bawah, bukan? Klik ikon ini dan kamu akan menemui pilihan unduhan. Kamu bisa memilih format pdf, png, ataupun jpeg. Jika kamu harus mencetak dokumen ini, maka pilihlah format pdf.

Mudah kan membuat CV lewat situs Canva? Kamu bisa mencoba membuat riwayat hidup dan pekerjaanmu dengan berbagai gaya. Ingat juga untuk memperbarui resume setiap kamu akan melamar pekerjaan baru. Jangan sampai ada pencapaian karier ataupun keahlian baru yang terlewat. Selamat mencoba! Semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan, ya!

Baca juga: Kapan Saat Terbaik untuk Resign? Ini Saran Pakar